18 April 2015

To All the Boys I've Loved Before Blog Tour + Giveaway


18 April. Selamat akhir pekan! Sebelumnya aku menawarkan diri untuk menjadi reviewer Penerbit Spring karena ingin coba memperluas jenis bacaanku. Yah, kuakui juga untuk mencari pengalaman tentang kisah-kisah romance remaja. Bila sebelumnya sukses dengan Fangirl, kali ini akan coba dengan TATBILB, aku singkat saja judulnya ya.

Kali ini postinganku berisi ulasan buku serta giveaway yang bekerja sama dengan Penerbit Spring. Mari kita cari tahu!
Pengarang : Jenny Han
Penerbit : Spring
Tahun : 2015
Dibaca : 18 April 2015
Rating : ★★★★

Jujur aku tertarik dengan buku ini karena gadis yang menjadi model sampulnya. Entah kenapa begitu eye-catching dan membuatku penasaran karakter mana pada buku ini yang sesuai dengan wajah gadis sampul itu. Tentu saja dia karakter utama, cewek Amerika dengan sedikit darah Asia yang membuatnya unik karena mata yang sedikit sipit. Namanya Lara Jean Song Covey.

Lara Jean adalah anak tengah dari tiga bersaudara. Kakaknya, Margot, hanya terpaut satu tahun darinya. Sedangkan adiknya, Katherine, memiliki jarak umur yang jauh. Hal itu membuat Lara Jean sangat dekat dengan kakaknya. Hal itu membuatnya sedih karena kakaknya akan pergi ke Skotlandia untuk melanjutkan studi.

Hubungan keluarga sangat kental pada buku ini. Karakterisasinya kuat dan konflik keluarganya umum tapi tergambarkan gamblang membuat pembaca merasa homey. Kalian akan mengetahui tiga bersaudara ini begitu akur dan menyenangkan. Aku suka hal-hal seperti itu dalam buku; hal-hal yang bisa dijadikan contoh dalam kehidupan sehari ini.

Yah, tidak ada buku remaja tanpa interaksi cowok dan cewek. Entah itu teman, sahabat, cinta, bahkan benci. Dan semua yang kusebut itu ada pada buku ini. Konflik yang didasari pada surat-surat yang ditulis Lara Jean untuk cowok-cowok yang pernah singgah di hatinya, membuatnya seru dan baru.

Dan tentang akhir cerita yang begitu menggantung, aku dibuat uring-uringan karena ada satu lagi buku yang harus kubaca karena aku harus mengetahui pada siapa akhirnya Lara Jean menambatkan hatinya. Sial!

"Kau harus santai, Lara Jean. Hidup tidak harus terlalu direncanakan. Jalani saja dan lihat apa yang terjadi." Peter (hal. 131)

Ulasan ini untuk tantangan Young Adult Reading Challenge 2015.

***

Giveaway!
Aku hanya menulis sedikit ulasan buku ini, karena aku yakin kamu tak akan membacanya, dan itu karena kamu pasti menunggu-nunggu giveaway-nya. Jadi mari kita mulai! Aku tidak akan memberi syarat macam-macam. Ketentuan, khusus buat kamu, sebagai berikut.
  • Kamu sangat ingin membaca buku ini.
  • Kamu ikuti akun twitter @penerbitspring.
  • Kamu bagikan giveaway ini melalui akun twitter dengan mention @penerbitspring dan @raafian serta hashtag #GiveawayTATBILB.
  • Kamu jawab pertanyaan berikut: "Siapa yang akan kamu buatkan surat atas apa yang telah dilakukan orang itu padamu?" Bisa surat cinta, surat kangen, atau surat benci kalau ada.
  • Kamu tulis jawaban pada kolom komentar di bawah ingin dengan menyertakan nama, e-mail, dan kota domisili kamu.
  • Kamu bisa ikuti giveaway ini hingga tanggal 30 April 2015 dan kamu akan mengetahui siapa yang beruntung mendapatkan total 2 buku ini pada 1 April 2015.
  • Kamu harus perhatikan poin-poin berikut:
  1. Jika ternyata kamu menang dobel (menang pada blog tour di host lain), aku berhak memilih pemenang lain.
  2. Jika tidak dilakukan poin pertama, kamu yang menang dobel hanya mendapatkan 1 buku walaupun telah menang beberapa kali.
  • Kamu masih bingung? Tanyakan saja di kolom komentar beserta jawabanmu.
  • Kamu, iya kamu! Jangan lupa makan ya!

***

Kuis Finale!
Lihat bibirnya pada kepingan puzzle di bawah ini. Rasakan sensasinya. Dan ikuti Kuis Finale yang bisa kamu lihat ketentuannya di notes Penerbit Spring.




Kumpulkan kepingan puzzle lain pada blog host berikut:


PENGUMUMAN PEMENANG DI SINI.

44 komentar :

  1. Nama : Fitra Aulianty
    E-mail : fitra.aulianty@gmail.com
    Domisili : Pekanbaru
    Link twitter : https://twitter.com/fira_yoopies/status/589306505607839745

    Siapa yang akan kamu buatkan surat atas apa yang telah kamu dilakukan orang itu padamu?
    Jawab :
    Surat itu untuk mereka yang dari dulu selalu menginspirasi walau mereka sendiri gak sadar itu.
    Aku pengen mengenang mereka dengan surat itu dan mungkin suatu saat mereka bisa tahu apa isi surat itu.

    BalasHapus
  2. Q: Siapa yang akan kamu buatkan surat atas apa yang telah dilakukan orang itu terhadapmu?

    A: Akan kubuat sepucuk atau bahkan berlembar-lembar surat untuk Papa dan Mama atas semua hal yang sudah mereka berikan untukku selama ini. :)
    Sebenarnya begini, kami bukan tipe keluarga yang pandai mengekspresikan rasa sayang atau maaf kepada satu sama lain. secara verbal, kami tidak penah saling mengungkapkan satu sama lain meski banyak yang mengatakan ungkapan lisan adalah hal sederhana yang bisa jadi pupuk cinta sebuah keluarga. maka dari itu, melalui goresan tinta di atas lembaran surat itu bisa menyampaikan pesanku pada mereka dengan lebih leluasa dan aku ingin mengatakan,

    “aku selalu dan sungguh menyayangi kalian, everyday and all the time, di tiap hari-jam-menit-detik. aku selalu ingin melihat senyum manis di wajah kalian setiap hari. aku akan sedih jika melihat kalian murung dan kesusahan. Pa, Ma, bersabarlah mempunyai anak sepertiku. jangan bosan dengan keluh kesahku. maaf jika sampai hari ini aku belum bisa kasih apa-apa yang berarti buat kalian. aku tahu dan sangat paham seberapa besar pengorbanan kalian selama ini untuk membesarkanku. bahkan aku tidak bisa menahan titik air mata tiap kali melihat album foto masa kecilku bersama kalian. maaf juga terkadang aku egois dengan berkata ‘seorang anak tidak pernah meminta untuk dilahirkan ke dunia’ tiap kali aku disalahkan. maaf, itu hanya emosi sesaat. namun, kasih sayang kalian terhadapku selalu membuat kalian mengerti akan kondisiku. terima kasih atas semua yang sudah diberikan kepadaku; cinta, kasih sayang, pendidikan, materi, dan kesempatan untuk hidup serba cukup. aku tahu aku tidak akan pernah bisa membalasnya dengan apa pun. saat ini hanya doa yang bisa kuhaturkan dengan tulus, semoga di usia senja ini kalian selalu dinaungi kebahagiaan, kesehatan, dan tak pernah luput dari berkah Tuhan. aamiin.”

    Nama: Aya Murning
    Email: ayamurning@gmail.com
    Kota: Palembang

    BalasHapus
  3. Aku pengen kirim surat ke pahlawan kemerdekaan. Surat atas jasa mereka yang sudah memerdekan negeri ini, yang memmbawa pengaruh sampai sekarang.

    Tak bisa kubayangkan jika keadaan masih seperti dulu.. Mungkin, saat ini aku masih menggunakan baju dari daun atau karung. Mungkin, diusiaku 21 tahun ini udah punya anak lebih dua atau tiga orang. Mungkin, aku gampang dibodohi karena buta huruf karena diharamkannya pendidikan. Dan, masih banyak kemungkinan lainnya.

    Itu aja sih, surat terima kasihku untuk mereka..

    Agak ngekhayal ? ^^ Hmmm, maklum ! Efek mendekati hari Kartini !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh kelupaan :)

      Nama : Irdha Sadri
      Twitter : @karetegelang28
      Domisili : Makassar

      Hapus
  4. Hy kak ikutan giveawaynya yaa :)

    Pertanyaan : "Siapa yang akan kamu buatkan surat atas apa yang telah dilakukan orang itu terhadapmu.

    Jawabanku : aku akan membuatkan surat kepada :

    1. Keluargaku : Mamah, papah, adik, kakak. Terimakasih atas apa yang kalian lakukan selama ini, kalian yang selalu menemani hari-hariku, menghiburku ketika ku sedih, dan memberi warna baru pada hidupku. Tanpa kalian, aku tidak akan pernah bisa tersenyum setiap hari. Karena, kami selalu bercanda, bermain bersama, bahkan menangis bersama. Untuk mamah dan papah, aku akan meulis surat, betapa aku sangat menyayangi kalian, dan berterimakasih karena telah memberikanku saudara-saudara yang baik ,pengertian, dan selalu ada ketika aku butuh mereka. Tanpa kalian keluargaku, aku bukanlah siapa-siapa. Dalam suratku, aku juga akan meminta pada Allah agar memberikan kalian kesehatan, dan kebahagian. Karena, jika kalian sedih, akupun akan sedih.

    2. Aku akan menulis surat untuk sahabat-sahabat ku, mereka juga hal terpenting dalam hidupku. Tanpa mereka, aku seperti sendirian di dunia ini, tanpa punya tempat bersandar mencurahkan segala permasalahanku. Aku juga selalu ingin bersama mereka. Tertawa bersama, jalan-jalan bersama, dan bermain bersama. Aku ingin mengucapkan terimakasih, atas apa yang telah kalian lakukan untukku sahabatku. Terimakasih karena, kalian sudah mau menjadi sahabatku. Mengerti aku, dan peduli padaku dibandingkan orang lain. Terimakasih sahabat :)

    3. Aku juga akanmenulis surat untuk Allah, berterimakasih padanya atas apa yang telah ia lakukan untukku. Memberiku alam yang indah, keluarga yang sangat menyayangiku ,dan teman-teman yang baik. terimakasih ya Allah aku sangat bersyukur atas apa yg kau berikan.

    Nama : Amilah Rahmatunnisa
    Email : jungbaekmila@yahoo.com
    Kota domisli : Jakarta

    ^^

    BalasHapus
  5. Nama: khusnul
    Email: alsyafiakhusnul@gmail.com
    Domisili: lumajang, jatim

    Aku pengen banget membuat surat buat idolaku 'ali syakieb'. Karna selama ini dia lah sumber inspirasiku, semangatku, yg selalu mampu membuatku tersenyum hanya melihat fotonya. Aku pengen bilang kepada melalui surat, kenapa melalui surat?? Krna buat ketemu dia aku gk mampu, terlalu jauh jarak memisahkan kita. Butuh beberapa jam jika aku kesana, tpi bukan itu kendalanya. Berapun waktu yg akan ku tempuh asal tujuannya ketemu dia akan aku lakukan. Aku pengen bilang kepadanya, klw disini, dikota yg sangat jauh dari dia tinggal ada aku. Yg mngkin hadirnya tak kan pernah berarti dan mngkin tak dia ketahui sama sekali. Tapi percaya, apapun kamu, siapa pun kamu, dan bagaimanapun kamu aku selalu support kamu samapai kapanpun. Dulu, sekarang atau bahkan yg akan datang dan seterusnya akan tetep sama. Bagiku kamu lebih dari sekedar indah, aku berharap entah itu kapan dan dimana allah mempertemukan kita. Aku akan menunggu, 4 tahun bukan wktu yg singkat aku mengenalmu dan selalu menyebutmu dalam doa'aku. Aku percaya bahwa semua akan indah pada waktunya, bahwa yg namanya takdir pasti sudah digariskan.

    BalasHapus
  6. Nama: Dheril Sofia Nanda
    Email: dherilsofia@gmail.com
    Kota domisi: Kediri, Jawa Timur
    I shared this giveaway!
    https://twitter.com/sofiaidrish/status/589438232502218754

    Aku ingin menulis surat pada diriku sendiri. Karena satu-satunya orang yang bertanggung jawab apa apapun yang kulakukan pastilah aku sebagai pelakunya, baik atau buruk. Aku ingin menulis surat untuk diriku sendiri sebagai sosok orang yang berbeda dengan diriku yang dulu atau yang di masa akan datang. Aku ingin mengatakan pada diriku bahwa banyak sekali kekurangan dan kesalahan yang sudah kulakukan di masa lalu, aku ingin diriku yang saat ini mengingat segalanya dan belajar dari itu. Aku ingin diriku yang saat ini tahu bahwa dulu aku memiliki mimpi-mimpi yang belum terwujud hingga sekarang. Aku ingin dia tahu bahwa mimpi-mimpi itu masih ingin diwujudkan. Aku ingin meminta padanya bahwa dia sekaranglah yang harus meneruskan mimpi-mimpi itu. Aku ingin menulis surat untuk diriku di masa yang akan datang. Aku ingin dia tahu bahwa apapun yang dia capai di masa depan tidak lepas dari dukungan dan bantuan dari orang-orang yang menyayanginya. Apapun yang berhasil dia raih bisa terwujud karena dia dikelilingi oleh orang yang peduli dan mencintainya. Aku ingin dia tahu bahwa hanya dengan dukungan dan cinta orang-orang disekitarnyalah dia bisa sampai di titik puncaknya. Aku tidak ingin dia melupakan dirinya yang dulu punya mimpi-mimpi kecil yang polos dan naif. Aku ingin dia selalu mengingat bahwa dia tidak perlu khawatir karena dia tidak akan kesepian.

    BalasHapus
  7. Nama : Putri
    email : putrireview@gmail.com
    kota domisili : Jakarta
    bukti share di twitter : https://twitter.com/putrireview/status/589457897702215680

    Pertanyaan : Siapa yang akan kamu buatkan surat atas apa yang telah dilakukan orang itu padamu?

    Jawaban :

    Beberapa waktu yang lalu sempet mau ikutan GA di lapak lain, tapi batal gara2 syaratnya suruh kirim pesen buat sahabat, plus mention akun twitternya dan share.

    Waktu baca, yang kepikir cuma satu nama, tapi sayang, hubungannya sekarang udah gak sedeket dulu. Hehehe. Tapi kalau mau mention ke temen yang lain, entah kenapa gak selera. Padahal bisa aja gitu asal mention, yg penting pesennya bagus kan, entah kenapa ga bisa. Terus yaudah, gak jadi ikutan deh.Baper banget ntar yang ada malu2in =))

    Cuma jadinya kepikiran terus. Kita lampiaskan saja di blog ini ya.

    Kalau boleh ngirim pesen, cuma mau ngomong satu hal sih untuk mantan sahabat :

    Untuk yang udah terjadi, sudahlah. Toh kalau sekarang dipaksa deket juga udah gak bisa, cara pikir udah beda, topik obrolan udah beda, susah.

    Tapi kalau misal one day ketemu lagi. Di dimensi lain, di kehidupan lain, di dunia selanjutnya. Semoga bisa ngobrol deket lagi walau cuma sekali dan sebentar. Jadi bisa melepas kangen sesaat untuk nanti ketemu lagi di kehidupan berikutnya, lagi dan lagi.

    Thank you, you :)

    BalasHapus
  8. Nama: Sulis
    Email: zhuelhiez@yahoo.co.id
    Domisili: Sragen

    Aku akan kirim surat untuk orang yang dulu pernah aku kirimi surat cinta, hihihi. Jadi ceritanya, dulu waktu kelas 6 SD aku suka sama temen cowok di kelas, biasa lah cinta monyet. Nah, pas mau lulus, kita milih sekolah yang beda, sekolah yang aku pilih agak jauh. Tahu pasti akan jarang ketemu, pas natal aku kirimi dia ucapan selamat dan surat cinta, ngasih tahu kalau aku suka sama dia. Setelah itu hapir nggak pernah ketemu karena kesibukan masing-masing. Dianya juga nggak pernah ngebahas atau ngejawab, ya udah dong aku lupain aja, biar jadi kekonyolanku di masa kecil toh aku sukanya juga nggak banget-banget sama dia, suka karena dia pintar gambar XD. Trus, dewasa ini ternyata beberapa kali kita ketemu, aku malu banget, tiap ketemu aku pura-pura aja nggak pernah ngirimi dia surat cinta, malah lebih sering ngehindar, pura-pura nggak kenal aja sekalian. Dianya juga nggak pernah nanyain perasaanku sekarang gimana atau setidaknya ngasih jawaban, nggak pernah ngebahas sama sekali. Jadi kalau ditanya di jaman modern ini mau nulis surat buat siapa, maka jawabannya buat di dia.

    Dear kamu yang pernah menjadi canda tawaku di masa lalu.
    Kamu nggak pernah ngasih apa-apa ke aku, bahkan hutang budi pun nggak ada, adanya kamu dulu ngantungi perasaanku, di situ kadang saya merasa lelah.
    Jadi, bingung juga sih kenapa aku ngirim surat buat kamu karena kamu seperti yang aku sebutin tadi, kamu terlalu pasif.
    Tapi hikmah yang selalu aku ingat dengan tingkah polahku jaman dulu adalah aku bisa tersenyum menginggat kekonyolan diriku sendiri. Walau sekarang kamu tidak ada artinya di hatiku, kamu pernah menjadi remah-remah dalam hidupku, pernah mencicipi rasa bahagia mengagumi seseorang kemudian meninggalkan sisa perasaan yang harus kubuang.
    Aku hanya ingin bilang aku tidak menyesal, tapi sekarang hatiku sudah berpaling, tidak ada sisa untukmu. Sekarang hatiku hanya untuk Tobias seorang *yang pernah baca Divergent pasti tahu* =))

    Sekian.

    NB: pokoknya aku harus dimenangin ya *asah pedang*

    BalasHapus
  9. Aku akan membuat surat untuk guru Bahasa Indonesia kelas 9 karena membuatku menyukai mata pelajaran itu. Aku juga akan membuat surat untuk guru Bahasa Indonesia kelas 11 dan 12 karena membuatku belajar merensensi dan mengungkapkan pendapatku mengenai buku yang kubaca. Surat yang kubuat semacam surat ungkapan terima kasih. Aku ingin menunjukkan bahwa mereka berhasil mendidik murid untuk mencintai mata pelajaran yang sering disepelekan dan dianggap membosankan. Aku sudah lama tidak bertemu mereka. Kuharap satu surat yang mampir ke alamat mereka bisa membuat mereka semakin bersemangat mendidik generasi yang mencintai bahasa Indonesia dan lebih bangga menggunakan bahasa Indonesia dibandingkan bahasa asing.

    Nama: Afifah Mazaya
    Email: afifahmazaya@gmail.com
    Domisili: Bogor

    BalasHapus
  10. Aku akan buat surat untuk kedua orang tuaku, aku mau berterima kasih atas apa yang telah mereka berikan & mereka lakukan padaku^^
    Kenapa aku gak berterima kasih langsung? Jujur, aku ini orang yang kurang bisa mengungkapkan isi hati yang sebenarnya, walau aku sering bilang kalo aku sayang sama mereka, tapi bagiku itu semua belum sepenuh mencurahkan isi hati ku yang sebenarnya. Ingin rasanya ngungkapin langsung ke mereka, tapi aku ini cengeng ^u^)a mikirin sesuatu tentang mereka aja nangis, mikirin seberapa capeknya mereka sepulang kerja, mikirin indahnya kenangan yang aku lewati bersama mereka, mikirin betapa bahagianya punya orang tua kayak mereka. Mungkin kalo menuliskannya ke dalam surat, semua isi hatiku akan tercurahkan, walau bukan ungkapan langsung tapi seenggaknya aku bisa ngasih tau mereka sebesar apa aku sayang sama mereka, aku bangga sama mereka, dan aku bahagia masih bisa bersama sama mereka^^

    Nama : Saharani Indriyanti
    Email : ranikurniawan26@gmail.com
    Domisili : Jakarta Barat

    BalasHapus
  11. Nama: Razif Falyan Ardharu
    Email: Razif270198@gmail.com
    Domisili: Wonosobo, Jawa Tengah

    Aku mau kirim surat buat:

    1. Suzanne Collins. Makasih banget buat beliau, karena berkat bukunya aku jadi suka baca buku. Aku jadi belajar banyak sejak suka baca buku, dari EYD, cara penulis nulis novel (yang masih buat aku takjub sampe skrg, "kok bisa sih kepikiran ide kayak gini?") dan jadi nemuin sarana penghibran diri. Oh iya, gara-gara suka baca buku, aku mulai merambah ke buku luar, jadi belajar bahasa inggris deh. Selain itu, dia juga yang ngebuka pintu buatku ke dunia fangirl+fanboy.HAHA.

    2. Pak Sukar, guru biologi. Cuma mau bilang, perkataan itu doa loh pak. Jaga emosi bapak, jangan sampe bilang muridnya anak setan lagi. apalagi bilang ke murid yang pingin masuk fakultas gizi gabakal sukses. dosa loh pak. oh iya, sama kalo ngajar, volume suaranya digedein, yang didepan ga kedengeran bapak ngomong apa, jadi maklum aja kalo banyak yg tidur. oh satu lagi, jangan rasis sama yg duduk depan dan yg duduk di belakang. yg duduk didepan maen insaniquarium aja gadmarain, tapi yg duduk dibelakang mau pinjem bolpen (yang berarti harus menoleh ke temen yg minjemin bolpen) dimarain, apalagi sampe diceramain 1 jam pelajaran dan dibilangin: kalo disini ada batu, saya udah lempar jumroh sekarang. udah gitu aja pak, makasih.

    BalasHapus
  12. Nama: Asy-syifaa Halimatu Sa'diah
    Email: asysyifaahs@yahoo.com
    Kota: Bandung

    Aku mau kirim surat buat kamu. Iya kamu, Kak Raafi! Apa coba balasan komentarku di postingan Kak Putri yang pas share posbar ultah BBI di grup fb itu?

    Katanya bilang "let me be your special *ditimpuk*", tapi apa setelahnya? Kok nggak ditindaklanjuti? Jadi, mau gitu aja?

    Makanya aku mau nulis surat kenapa setelah itu udahan, mending jangan komentar daripada bikin hati anak orang ngerasa dikasih harapan bakal ada temen baca spesial. Huvvt..


    *ini nulisnya sambil ngakak bet* *atulaaaaaaah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh itu aku serius lho cip. entah kenapa kalo ada yang spesial-spesial, aku gak mau ketinggalan pengen ikutan spesial. yah, paling tidak memorable. dan ... tadaaa, kamu langsung inget aku kan cuma gara-gara sepetak kata itu?!

      Hapus
    2. Hasegggg #TimSyifaa ...eh Syifaa sama Raafi sama-sama dobel 'a' loh, udah ditembung aja!

      Hapus
    3. *langsung cek lagi postingan di grup* *lalu kemudian langsung ngerti* Wih Cipaaa ;p >,< kak Raafi nya juga nih, kok nggak ngabarin Syifa lagi habis itu ;p Syifa nya kan merasa diberi harapan palsu *kemudian digebuk Syifa dan kak Raafi pakai timbunan x)*

      Hapus
    4. Kak Raafi: Serius apanya hayoh?

      Mas Dion: Dobel 'a' nggak menunjukkan apa-apa lho, Mas :D

      Kicom: Sssst, beneran digebuk mau?

      Hapus
  13. Nama : Fita
    Email : fitania@gmail.com
    Kota : Malang

    Pertanyaan : Siapa yang akan kamu buatkan surat atas apa yang telah dilakukan orang itu padamu?

    Jawab : Akan aku buat surat selembar folio bergaris penuh dengan tinta biru spesial buat mantanku. Isi surat itu cuma ada beberapa poin pertanyaan yang pernah aku ajukan saat bertatap muka padaku tapi dasarnya pengecut jadi gak jawab deh. So aku berharap sih sifat jeleknya itu bisa binasa tatkala aku menulis surat yang harus ia balas. Salah satu pertanyaan itu begini "kenapa kamu jadi orang itu matre banget & gak punya tanggung jawab, bisa bikin janji tapi kenyataannya hanyalah omong kosong".Selain itu akan aku tuliskan begini "aku baru nyadar kalo kamu itu orang yang punya kepribadian ganda yang bisa sok asik dan sangat baik pada orang yang kamu anggap menguntungkan hidupmu tapi kamu juga bisa jadi orang jahat & tegaan pada orang yang kamu anggap tak lagi menguntungkan dirimu." Entahlah apa mungkin itu memang sifat alami mu. Meski banyak pertanyaan negatif dan kalimat sindiran dalam suratku tapi aku gak lupa mau ngucapin terima kasih karena telah memberi aku kenangan yang manis meski aku tau itu palsu. Jadi aku harap meski uda punya gebetan baru lepas aja itu topeng mu. Gak capek apa pake topeng terus?
    Hehehe itu aja deh kayaknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf itu emailnya salah yang betul ini
      fitania90@gmail.com

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Nama : Diyah Nur
    email: diyah.nur815@gmail.com
    Domisili : Jakarta Barat

    Perihal untuk apa suratnya, boleh ngga kalau dibalik? Bukan apa yang 'dia' lakukan ke aku, tapi apa yang aku lakukan ke 'dia'? Kalau boleh, suratku mungkin untuk sahabatku -mantan sahabatku lebih tepatnya karena kami tidak lagi sedekat waktu itu. Aku ingin minta maaf buat apa yang pernah aku perbuat masa sekolah dulu. Aku ingin menyalahkan semuanya ke hormon remaja yang labil, tapi aku tahu itu karena aku ngga pernah mikir sebelum bertindak. Aku yakin dia ngga akan baca tulisan ini karena dia juga orangnya gaptek :) tapi aku berharap aku punya keberanian buat bilang ini ke dia : "Maaf"

    BalasHapus
  16. Nama : Rany Dwi Tanti
    Email : ranydwi11@yahoo.co.id
    Kota : Tulungagung

    Saya akan buat surat untuk sahabat saya di SMA. Intinya sih mau ngucapin terimakasih karena dia telah mengajari saya akan banyak hal. Tentang perjalanan hidup, tentang indahnya berbagi ‘Feeling good by doing good’, tentang berbagai mimpi yang ingin dia wujudkan dan bahwa kita bisa melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda. Mengenalnya, memberikan energi positif untuk saya, juga hidup dan mimpi saya. Dia menumbuhkan kembali semangat saya untuk tetap mengejar mimpi-mimpi saya. Inilah yang membuat saya menyukainya. Karena menurut saya persahabatan itu susah dijelasin. Kadang bertengkar, kadang bercanda, sedih sama-sama, senang sama-sama. Tapi dari itu semua ada maknanya, yaitu kebersamaan. Oleh karena itu, persahabatan bukan hanya tentang diri kita menerima orang lain, tetapi juga membiarkan diri kita diterima orang lain. Apalagi sekarang kami akan berpisah. Disurat itu aku akan menulis bahwa : “Berpisah dengan seorang teman apalagi dengan kalian, tidak pernah mudah. Saya pernah membaca sebuah kalimat yang sangat saya suka ‘a friend is God’s way of taking care of us’. Seorang teman adalah cara yang dipilih Tuhan untuk memelihara kita. Selama ini, saya sadar bahwa tanpa teman dan tanpa kalian, hari-hari saya tidak akan menyenangkan. Tanpa kalian, saya tidak akan pernah punya pengalaman yang bisa saya bagikan ke orang lain. Saya bersyukur sekali memiliki seseorang yang bisa saya sebut sebagai ‘teman’ atau bahkan sebagai ‘sahabat’ seperti kalian. Ada satu hal yang penting dalam menjalin persahabatan. Hal itu adalah waktu. Saya butuh waktu untuk saya habiskan bersama kalian. Kalian butuh waktu untuk mengenal siapa saya. Dan tentu saja, waktu itu adalah yang harus kita bagi dalam kebersamaan. Karena tanpa waktu kebersamaan itu, seseorang tidak akan bisa mengenal orang lain. Terimakasih karena telah mewarnai masa-masa SMA saya. Tanpa kalian, semuanya tidak akan ada artinya.”

    BalasHapus
  17. Nama : Rina Eko Wati
    Email : rinaeko87@gmail.com
    Domisili : Tulungagung, Jawa Timur

    Siapa yang akan kamu buatkan surat atas apa yang telah dilakukan orang itu padamu ?

    Aku akan menyampaikan pesan ini untuk Iskandar, seseorang yang tidak bisa kulihat bahkan kutemui hari ini dan selamanya

    Darimu, kutemukan diriku. Darimu, aku mengenal arti “Saudara”. Kepergianmu menyadarkanku arti sebuah kehilangan. Kehilanganmu mengajarkanku arti keberadaan. Kamu yang selalu ada, menjadi bagian dari hidup bahkan diriku sendiri. Kau, membuatku menyadari arti sebuah pengorbanan. Terimakasih teman, karena telah menyadarkanku. Kau, inspirasiku. Kau membuatku menjadi seseorang yang mau berharap, bahwa hari esok pasti ada.

    “Kenangan, kadang terasa lebih nyata dari kenyataan. Seberapa pun besarnya perjuangan membuat kenangan itu jadi nyata, kenangan hanya hidup dalam ingatan.”

    Sekeras apapun aku mencoba untuk melupakanmu, sekeras itu pula kau hadir dalam setiap mimpiku. Jadi, untuk yang terakhir ini, biarkan dirimu tetap hidup dalam ingatanku. Aku akan selalu mendoakanmu, disana. Dan aku juga yakin kau pasti mendapatkan tempat paling indah disisi-Nya.

    BalasHapus
  18. Jawaban: Aku ingin menulis surat buat sahabat jiwaku, pak cunk. Karena dia sudah menjadi seseorang yang mau menerimaku apa adanya dan bisa membuatkanku kenangan yang begitu indah, menggelikan sekaligus mengharukan. ^^

    Nama: Rizcha Mawadah

    Email: rizcha_10@yahoo.co.id

    Kota domisili: Surabaya

    BalasHapus
  19. Hihi, beneran lho, gambar covernya memang catchy :D Good luck untuk giveawaynya, ya! :)

    BalasHapus
  20. Nama: Musdalifah Putri
    Email: musdalifahpoetry@yahoo.com
    Kota domisili: Tangerang Selatan

    1. Saya mau bikin surat buat guru SD saya *walaupun gak semua* saya mau nulis karena lagi kangeeeen banget sama gurunya. Yaitu Pak Ahmad & Bu Wilda. Itu saya kangen sama mereka gegara kemarin hari Senin ketemu salah satu guru SD saya! *njir*

    2. Surat benci buat gebetan peak! Iya, saya bikin biar dia tau saya suka sama dia. Tapi tadi saya sebeellllll banget sama tuh orang, gegara dia iseng banget. Masa orang lg ngerjain tugas, eh dia mainin minum dan tumpahhh ke buku saya. Arrrgggghhh pen gragot muka tuh orang

    BalasHapus
  21. Nama: Ananda Nur Fitriani
    Email: Anandanftrn@gmail.com
    Domisili: Bogor

    Aku akan menulis surat kepada mantan pacarku. Setelah perlakuannya yang membuatku sakit *banget*, aku akan menuliskan banyak banyak terimakasih.
    •Pertama, terimakasih karena telah menjadi orang yang dapat membuatku jatuh cinta.
    •Kedua, terimakasih telah memberikan kenangan kenangan indah walaupun harus berakhir tragis.
    •Ketiga, terimakasih atas semua 'permainan' yang kamu mainkan, dimana aku menjadi mainannya.
    •Keempat, terimakasih karena telah mengajariku tentang percintaan, mulai dari yang membahagiakan sampai hal hal yang sangat menyakitkan.
    •Kelima, terimakasih karena telah mengajariku untuk menjadi lebih dewasa dan hati hati dalam memilih cowok.
    •Dan yang terakhir, terimakasih telah menunjukanku siapa dirimu sebenarnya. Terimakasih telah pergi meninggalkanku begitu saja. Terimakasih karena aku tidak merasakan penyesalan jika memilihmu untuk menjadi pendamping hidupku. Dan hanya satu harapan ku untukmu, jangan pernah kembali lagi ke hidupku :)

    BalasHapus
  22. Nama : Denny Ardhianto
    Email : ardhianto.denny@gmail.com
    Domisili : Semarang
    Link share : https://twitter.com/deniash/status/590843358337060864

    Ingin buat surat untuk teman inisial DAM. Terima kasih telah memberikanku pelajaran dalam hal kesabaran. Terima kasih membuatku lebih sadar seperti apa dirimu. Terima kasih telah membantuku menjadi orang yang lebih sholeh. Intinya, terima kasih. Lalu, soal tanggung jawab, tanggung jawabmu bernilai 1/10. Tolong tanggung jawablah dengan benar, tanggung jawabmu kepadaku belum benar, sehingga menghambat banyak sekali tahapan untuk penelitian skripsiku. Tolong banget sadar. Sadar. Ada orang orang di sekitarmu. Jangan kau sakiti orang orang lain seperti kau menyakitiku seperti ini. Tolong berikan rasa empati simpati dan tanggung jawab kepada orang lain. Aku udah nyerah sama kamu. Semoga Tuhan bisa menjadikanmu orang yang lebih baik, bisa lebih bertanggung jawab, tidak egois, bisa bersimpati dan berempati kepada "siapa yang seharusnya kamu sebut 'teman'" Amiin.

    BalasHapus
  23. Jiah @jiahjava Jepara jiahaljafara32@gmail.com ikutannn

    saya mau nulis surat buat teman2 yang dulu pernah bully saya. Tidak percaya sama saya dan menganggap diri mereka paling hebat dan bisa segalanya. Saya sekarang bisa lebih baik, kalian bisa lihat kan?

    BalasHapus
  24. Surat buat seseorang berinisial AR. Suratnya digabung jadi gado-gado, surat cinta+surat kangen+surat benci u.u Surat cinta karena aku cinta dia, surat kangen karena aku kangen dia, dan surat benci karena dia nggak paham-paham sama kode yang telah aku pancarkan berkali-kali -_-

    Dian Maharani
    dianmaharani833@yahoo.com
    Bengkulu

    BalasHapus
  25. Jawaban: Aku akan buat surat untuk teman-temanku dikelas. Hm.. surat apa ya? Mungkin surat perpisahan:'v Aku akan berterima kasih sama teman-temanku, terima kasih untuk 3 tahun ini banyak banget suka&dukanya, makasih juga atas kerja samanya selama ini dari nyontek bareng:'v dll wkwkwk:v Sukses selalu kalian! Hm..mungkin itu saja hehe.
    nama: Aubrey Biancanitta
    Email: biancanitta@gmail.com
    Kota domisili: Serang Banten

    BalasHapus
  26. Nama : Dini Adinda
    Email : dini.aprianti2@gmail.com
    Kota : Bogor

    Aku mau buat surat untuk teman2ku & guru2ku :)

    Hai teman2, gak kerasa ya kita sudah 3 tahun belajar di sekolah kita yg tercinta. Gak kerasa sebentar lg kita akan mengikuti UN, jangan lupa belajar yaa! kita harus masuk bareng keluar bareng hehe! terima kasih canda tawanya & suka dukanya! gabakal dilupain deeh! sukses teruuus untuk kalian!

    untuk bapak & ibu guru terima kasih telah mendidik kami, maafin kita kalau kita bandel terus,suka bolos, maafin deeh hehe! sukses selalu & semoga dipanjangkan umurnya! aamiin<3

    BalasHapus
  27. Nama : Dini Adinda
    Email : dini.aprianti2@gmail.com
    Kota : Bogor

    Aku mau buat surat untuk teman2ku & guru2ku :)

    Hai teman2, gak kerasa ya kita sudah 3 tahun belajar di sekolah kita yg tercinta. Gak kerasa sebentar lg kita akan mengikuti UN, jangan lupa belajar yaa! kita harus masuk bareng keluar bareng hehe! terima kasih canda tawanya & suka dukanya! gabakal dilupain deeh! sukses teruuus untuk kalian!

    untuk bapak & ibu guru terima kasih telah mendidik kami, maafin kita kalau kita bandel terus,suka bolos, maafin deeh hehe! sukses selalu & semoga dipanjangkan umurnya! aamiin<3

    BalasHapus
  28. Nama : Sri Desinta Ginting
    email : sridesintaginting@gmail.com
    Domisili : Binjai, Sumatera Utara

    Aku mau buat surat untuk seseorang yang jauh di sana. Terima kasih telah membuatku menyukaimu walau kamu tidak menyadari hal itu. Ya, aku tidak pernah mempersalahkan itu. Dengan menyukaimu, dulu aku setidaknya mencoba untuk jadi yang lebih baik agar kamu melihatku. Kalau ditanya sekarang bagaimana perasaanku, ya sedikit masih ada sih. Hehehe. Terima kasih.

    BalasHapus
  29. Nama : Shiela Hartiningtyas
    Email : yskasim@gmail.com
    Domisili : Cirebon
    Link share : https://twitter.com/ruth_shiela/status/591905541342896129

    Jawaban :
    Siapa yang akan kamu buatkan surat atas apa yang telah dilakukan orang itu padamu?
    Aku ingin membuat surat untuk pasanganku. Aku ingin ia tahu bahwa aku sangat berterima kasih atas kebersamaan dan perhatian yang selalu ia berikan padaku. Sebelum aku mengenalnya, aku pesimis dengan hal yang namanya cinta. Bagiku cinta itu hanyalah sebuah kepalsuan. Beberapa kali aku mengenal cinta, beberapa kali pulalah aku disakiti oleh cinta tersebut. Sejak saat itu, aku berjanji dalam hati kecilku untuk menutup pintu hati rapat-rapat dan tidak akan membiarkan cinta menyusup kembali ke dalam hatiku.
    Semuanya berubah ketika dirinya hadir. Sejak aku bertemu dengannya, pintu hatiku yang tertutup kini sudah terbuka lagi. Ia selalu sabar mendekati dan memberi perhatian kepadaku, meskipun aku berulang kali menolak dan mengatakan tidak menyukainya. Perlahan-lahan perasaanku mulai luluh dan aku pun mulai menyukainya. Jujur, sebenarnya aku takut untuk jatuh cinta lagi karena aku takut tersakiti untuk yang kesekian kalinya. Namun ketakutanku itu berhasil ia hapus lewat perasaan tulus yang diberikannya. Setiap hari selalu saja ada kebahagiaan yang ia bagikan kepadaku.
    Bagiku kau merupakan seorang ksatria pelindung yang selalu siap menjagaku dimanapun dan kapanpun. Aku bersyukur Tuhan telah mengirimkanmu untukku.

    BalasHapus
  30. Nama : Hary Gimulya
    Email : harygimulya@gmail.com
    Domisili : Bandung
    Link share : https://twitter.com/angels_rutherfo/status/591970701977849856
    Jawaban : Aku ingin membuat 3 surat yang ingin aku berikan pada orang yang berbeda :
    a. Surat pertama ingin aku berikan pada orang tuaku. Aku ingin mengucapkan terima kasih atas segala hal yang telah mereka lakukan dan berikan untukku.
    Dari kecil hingga dewasa seperti sekarang ini mereka telah memberikan segala kebaikan dan kasih sayang untukku. Dari mereka pula aku belajar banyak hal mengenai dunia ini.
    Aku bangga dan bahagia memiliki orang tua seperti mereka. Di saat sedang mengalami kesulitan keuangan pun, mereka tetap berjuang untuk menyekolahkanku.
    Seberapa keras pun aku berusaha, aku tidak akan pernah bisa membalas segala kebaikan yang telah mereka berikan.
    Terima kasih pa, ma. Aku sangat menyayangi kalian.:)

    b. Surat kedua ingin aku berikan kepada pasanganku. Aku ingin memberitahu betapa bahagianya aku bisa bersamanya.
    Hari demi hari kita lewati bersama dengan begitu banyak hal yang terjadi.
    Ada saat-saat yang menyenangkan, namun ada juga saat-saat yang menyedihkan. Merupakan saat yang menyenangkan ketika bisa melakukan banyak aktivitas bersamamu, seperti menonton film, bermain game, olah raga, maupun makan malam bersama.
    Namun merupakan saat yang menyedihkan ketika kita bertengkar karena perbedaan pendapat yang muncul. Tidak jarang juga hal itu terjadi karena keegoisanku.
    Meskipun begitu, kau selalu sabar menghadapiku. Aku ingin kau tahu bahwa aku mencintaimu bukan karena tidak ada pilihan lain, namun karena aku tidak bisa mencintai orang lain selain dirimu.
    Terima kasih atas segala perhatian yang selalu engkau berikan padaku dan maafkan aku atas segala kesalahan yang telah aku perbuat.

    c. Surat ketiga ingin aku berikan kepada Penerbit Haru. Aku ingin mengucapkan terima kasih atas blog tour yang telah diadakan oleh Penerbit Haru (termasuk juga oleh anaknya, Penerbit Spring.:) )
    Dari Harulah aku mengenal pertama kali yang namanya blog tour. Tadinya aku sama sekali awam dengan istilah ini. Namun pada saat mengunjungi fanpage Haru, aku tertarik untuk mengikuti blogtour The Wind Leading To Love.
    Syukurlah setelah beberapa kali ikut, aku berhasil mendapatkan novel menarik tersebut. Selain mendapatkan giveaway yang menarik, aku juga memperoleh pengalaman baru, yaitu membaca
    review mengenai suatu buku dari beberapa blog yang berbeda. Beda orang tentu beda juga cara mereka memandang dan mereview sebuah buku.
    Kelebihan dan kekurangan buku yang direview dijelaskan dengan jujur tanpa ada yang ditambahkan ataupun dikurangi.
    Dari blogtour pulalah aku jadi mendapat banyak teman baru dan bertemu dengan banyak penulis blog yang mengagumkan (termasuk juga blog ini).
    Terima kasih Haru, juga Spring. Semangat ya untuk selalu menerbitkan buku-buku yang bagus dan juga rutin dalam mengadakan blog tournya.:)

    BalasHapus
  31. Nama : sandra febry adriani
    Twitter: @sandra129499os
    Kota : Pariaman

    Siapa yang akan kamu buatkan surat atas apa yang telah dilakukan orang itu padamu


    Aku akan buat surat pada seorang teman yang suka membullyku waktu sd. Aku akan bilang padnya betapa aku membencinya saat itu. Kemampuanku yg tidak bisa berbuat apa-apa karena waktu itu aku hanyalah murid baru yg harus bersikap baik. Aku sangat benci pada segala yg telah ia lakukan padaku, karena ia adalah orng terbesar di kelasku, seenaknya memukulku walaupun aku seorang perempuan. Aku ingin bilang padanya bahwa ingin rasanya aku memukulnya saat itu. Aku juga ingin mengucapkan terima kasih kalu bukan karena ia, aku tidak akan menjadi sekuat ini dan tidak merasa takut akan apapun. Dan aku juga bilang telah memaafkannya atas apa yg telah ia perbuat karena tetap saja itu adalah masa lalu yg selamanya masa lalu.
    Tapi tetap saja aku akan menuliskan bahwa jika kita bertemu nannti aku ingin sekali memukulnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lupa ^^
      Emailnya : littlesaengie@gmail.com

      Hapus
  32. Nama : Fatima Ulya S.
    email : faulyafts@yahoo.com
    kota domisili : Pamekasan, Madura

    Kupikir, aku akan membuat surat untuk kedua orang tuaku. Di dalam surat itu bakal aku tulis seberapa sayang sebenarnya aku sama mereka. Walau kadang nggak mau disuruh-suruh, mangkel, nilai turunpun mereka nggak pernah nuntut apa-apa. Nggak pernah mereka nuntut ganti uang untuk ngerawat aku dari kecil. Padahal, kalau ditotal biaya makan, cuci, dan nginap? Sekaya apapun kayaknya nggak bakal bisa dibalas deh :') juga dikhususkan untuk ibu yang sudah melahirkan aku dengan selamat sentosa, sehat walafiat. Untuk ayah yang masih terus berjalan walau susah mencari uang apalagi di jaman sekarang.

    Dan selain itu, aku akan membuat surat kepada adik-adikku. Aku pengen banget ngasih tau mereka kenapa aku sering marah ke mereka. Karena aku pengen adik-adikku jadi adik yang berani dan punya karakter kuat, nggak lemah. Aku pengen banget ngejagain mereka 24jam kalau aku bisa. Terus ngasih tau mereka hati-hati ke kehidupan zaman sekarang. Sebagai kakak, aku pengen melindungi mereka secara fisik dan mental dari zaman yang penuh keburukan ini.

    BalasHapus
  33. Nama: Hendra Budi Gunawan
    Email: hendrathe17@yahoo.co.id
    kota: Yogyakarta

    Aku ingin mengirim surat kepada kedua orang tuaku di Bumiayu sana yang hampir 4 bulan ini tidak kutemui. Aku ingin mengucapkan terima kasih karena telah menyayangi selama ini dan mengizinkanku mengejar cita-citaku di Yogyakarta. Lewat keseriusan untuk mengejar cita-citaku inilah yang ingin kutunjukkan untuk membalas pengorbanan mereka selama. Karena rasa cintaku pada mereka aku tak pernah menyerah mengejar cita-citaku di kota asing ini. Aku juga ingin minta maaf karena sudah 4 bulan tak bisa pulang dan ikut dalam momen penting keluarga demi cita-cita yang selangkah lagi bisa terwujud. Aku ingin berterima kasih sekaligus minta maaf ada mereka.

    BalasHapus
  34. Nama : Dian S
    Email : dian_putu26@yahoo.com
    Kota : Ngawi

    Aku pengin buat surat untuk seorang cowok yang sempat membuat aku buenci, tapi trus bikin aku jatuh cinta. Aku mau tahu, kenapa sih dia senyebelin itu kalau sama aku? Apa dia alergi atau kenapa? Kan aneh dilihatin kayak begitu.

    BalasHapus
  35. nama : alvina
    email : orybun@gmail.com
    kota : solo

    aku mau bikin surat untuk mereka yang telah membullyku di masa lalu. surat cinta aja lah ya, saya mah orangnya ga main benci bencian, paling dendam dikit...*dikeplak
    isinya.. ngga banyak sih, paling cuma kilas balik atas apa yang telah mereka lakukan dulu sehingga menempa saya menjadi pribadi yang lebih kuat dan lebih berbeda. mungkin sedikit sakit jiwa sih, tapi toh setiap orang kan memang punya sakit jiwa, tinggal keimanan dan kekuatan pikiran mereka yang mampu mengendalikannya atau nggak. **ketawa cantik

    BalasHapus
  36. Nama: Rizqa Nurul Hidayanti
    Email: rizqanurulhidayanti@yahoo.co.id
    kota: Yogyakarta

    Aku akan mengirim email. Kenapa email? karena aku nggak tahu alamat mereka semua... aku bisa mencari alamat email mereka dengan sosmed yang mereka punyai ^^ bukannya aku nggak suka nulis surat hanya saja harapanku menulis email bisa sampai lebih cepat ^^ ke orang-orang yang pernah mencintaiku waktu SMA, Kalo dihitung sih banyak hehehe...... Mungkin telat sih ngirim surat ke meraka udah bertahun2 gini, tapi aku masih pengen nulis surat yang isinya terima kasih udah peranh menyukaiku dan mengisi cerita masa SMA ku yang berwarna. Karena mereka yang pernah menyukaiku inilah aku bisa merasakan cinta monyet itu seperti apa. Dari beberapa orang menyukaiku hanya 1 yang benar2 kusukai. Aku juga ingin minta maaf karena tidak mampu menyukai balik semuanya, terlebih lagi aku menganggap mereka semua sebagai teman dan kakak yang baik. Terima kasih sudah menjadi bagian dalam perjalanan asmaraku yang berwarna. Semoga kalian menemukan belahan hati yang paling tepat ^^

    BalasHapus

Back to Top