26 April 2015

Perayaan dari Kami untuk Bebi!


25 April 2015 kemarin adalah hari bersejarah untuk BBI, terutama mereka yang datang ke acara "From Bloggers To Writers". Perayaan ulang tahun yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba.

Diprakarsai timbulnya ide dari beberapa member bersama koordinator umum, Bang Helvry, berkumpul pada akhir Februari lalu, akhirnya kami bertekad untuk membuat acara perayaan ulang tahun BBI dengan konsep dari member untuk member. Setelah Petronela Putri (Mput) ditunjuk sebagai koordinator acara, kami bergerak cepat untuk membuat acara ini terselenggara.

***

Teman-teman panitia datang sekitar pukul 08.00 pagi. Kami langsung menata layout ruangan dan membuat dekorasi. Selain itu, kami menyusun goodie bag untuk dibagikan kepada peserta yang datang. Awalnya kami ketar-ketir kekurangan isian bingkisan, tetapi hal itu bisa teratasi.

Persiapan. Ki-ka: Jenny, Bang Helvry, Mba Phie, Mput, Mba Ren
Acara dimulai sedikit terlambat dari jadwal yang sudah direncanakan, pukul 10.00 pagi. Bang Ijul dan Sekar membuka acara dengan begitu meriah. Beruntung, semua pembicara yang kami undang datang semua: Ahmad Alkadri, Jenny Thalia, Petronela Putri (ya memang, dia merangkap), dan special guest Rhein Fathia.

Acara diawali sambutan dari Bang Helvry sebagai Korum BBI. Beliau berpendapat media sosial dapat membagikan informasi secara cepat dan efisien. Terbukti ada lebih dari 10 non-member BBI yang datang ke acara, dan semua itu berkat media sosial. Pada akhir sambutannya, Bang Helvry mengajak kami semua untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Masing-masing pembicara menceritakan tentang awal mula mereka menulis. Bagaimana hubungan blog dan tulisan mereka. Hampir semua pembicara mengaku menulis di blog dapat melatih kemampuan menulis mereka. Dan blog bisa menjadi media untuk memamerkan karya tulisan mereka.

Pembicara. Ki-ka: Ahmad Alkadri, Jenny Thalia, Petronela Putri, Rhein Fathia
Selain blog, pembicara juga ditanya kehadiran aplikasi Wattpad sebagai alternatif penulis untuk mempublikasikan hasil tulisan mereka. Wattpad memiliki kelebihan tidak bisa di-copy-paste dan ada fitur komentar pembaca. Setiap penulis mendapatkan kritik dan saran atas tulisan mereka. Tapi sayangnya, hal itu dimanfaatkan beberapa oknum yang memberikan komentar tidak bertanggung jawab.

Acara diselingi games seru, antara lain kata berantai dan tebak judul. Tentu saja berhadiah buku-buku berlimpah-ruah dari penerbit yang mendukung terselanggaranya acara. Seperti candaan Bang Ijul, tidak akan pulang bila tak membawa buku, aku yakin semua yang datang membawa pulang buku dari acara kemarin.

Games Kata Berantai
Tidak lupa, kami bertukar kado di akhir acara. Mungkin bagian ini yang ditunggu-tunggu kami semua. Kado harus dibungkus kertas koran agar sama dan merakyat. Dengan membentuk lingkaran, kami semua memberikan kado yang memutar sesuai aba-aba. Sayangnya masih ada beberapa peserta yang tidak ikutan karena kelupaan membawa kado. Mereka hanya menonton saja.

Tukar Kado

Tukar Kado
Aku berharap BBI akan menyelenggarakan acara seperti ini tahun depan dan seterusnya. Dengan tujuan mengakrabkan para member BBI Jabodetabek—yang tidak menutup kemungkinan member dari daerah lain—acara ini juga bisa mengenalkan pembaca buku pada BBI dan blog. Jadi tidak hanya membaca, tetapi juga mulai membuat ulasan atas apa yang dibacanya.

Tak lupa, kami berterima kasih pada semua pihak yang melancarkan acara: Mput sebagai koordinator sekaligus pembicara, panitia-panitia, peserta member dan non-member yang memeriahkan acara, penerbit-penerbit (Elex Media Komputindo, Fantasious, Grasindo, dan Noura Books) yang mendukung dengan buku-buku dan pernak-perniknya. Dan kepada Rumah Mandiri Inkubator Bisnis yang menyediakan tempat yang keren abis!

Akhir kata,
Happy Birthday BBI, from us!

Happy Birthday BBI, from BBI Jabo!
***

Oh ya, aku menaruh seluruh dokumentasi di Google Drive via link ini. Tetapi aku mohon untuk mengunduh gambar-gambar di dalamnya, kalian harus memberi jejak via komentar di bawah ini. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar minat kalian pada laporan acara dengan dokumentasi.

18 komentar :

  1. Aaahhh keren Fii!!! Hihihihi..
    Aku cuma bawa 2 buku kemarin. Lagi banyak timbunan soalnya.

    BalasHapus
  2. Keren kak >,< pasti acaranya seru banget, duh jadi iri nggak bisa datang soalnya daku jauh di Makassar~ dari kemarin nungguin dokumentasi acara ultahnya Bebi >,< hihi makasih dokumentasinya kak Raafi~

    BalasHapus
  3. *nangis di pojokan*
    mau ikuut T-T
    keliatannya keren ya. Salut sama temen-temen panitia penyelenggara :) semoga tahun depan bisa ngadain lagi

    BalasHapus
  4. Happy Birthday BBI! Semoga semakin sering bikin event-event sharing dari penulis seperti ini :)

    BalasHapus
  5. Pertanyaan ngak penting tapi bikin penasaran:
    1. Kenapa si mput duduknya si kursi berdua padahal keknya di sebelahnya kosong
    2. Rencanya ada penerbit yang jual buku, apakah batal? Kalau ada khan yang tdk bawa bisa beli trus ikutan. Kalau ngak salah Raafi juga mau bawain koran

    Keren.....!

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. karena mungkin mereka sedang pdkt. berniat bikin novel duet atau apalah. *ini ngarang banget*
      2. jadi. penerbit jadi jualan tapi aku ga ambil gambarnya. jadi. aku jadi bawa koran.

      Hapus
    2. 1. Karena kami tante dan ponakan :p jadi karena udah akrab dari zaman batu, maunya duduk deketan. Kalau jauhan, kayak orang musuhan. Hahaha.

      Hapus
    3. 1. sebenarnya kalau aku duduk di kursi kosong sebelah Mput, aku ga terlalu keliatan oleh audience sih.. *ini narsis tapi jujur* :))

      Hapus
  6. Yaaay, Cepet banget LPM-nya. Acaranya seru, orang-orangnya juga seru. Buku-bukunya juga seru :D Foto-fotonya juga bagus ^^
    Thank you buat semuanya.

    BalasHapus
  7. wee aku banyak nampang disiii yeeeeeeeee *ga penting*

    BalasHapus
  8. Kerennnn

    sayang saya bkn org sonooo, jd gak bs ikut

    BalasHapus
  9. Kayaknya seru ya :)
    Akhir pekan kemarin banyak acara asyik...

    BalasHapus
  10. Seruu dan tempatnya lucuu, makasih dokumentasinya Raafii...

    BalasHapus
  11. Thanks Raafi atas dokumentasinya. Aku minta beberapa yang foto rame2 ya :-)

    BalasHapus
  12. Weew....baru liat postingan ini raafi,
    Berjaya selalu BBI!! :)

    BalasHapus
  13. Raaf, izin kutip pos ini buat IRF yaaa... hehehe

    BalasHapus

Back to Top