23 Februari 2017

BBI Share the Love 2017: Cuap-Cuap Pamungkas Sharie

Edited by Me

Akhirnya acara yang sedikit bikin pusing ini berada di pengujung. Aku ingat ketika pertama kali berkenalan dengan Sharie dan memintanya untuk memberikan ide segar. Kami memikirkan banyak topik untuk diangkat dalam tukar pos kali ini dan berakhir pada ide untuk menceritakan apa yang membuat masing-masing dari kami begitu menyenangi membaca. Aku menuliskannya di blog Sharie dan begitu pula sebaliknya. Satu hal yang pasti adalah intensitas komunikasi kami semakin sering karena kami sama-sama diskusi untuk menentukan konsep yang berbeda namun tidak sampai membuat kami berdua kerepotan. Yah, kamu tahulah, bagaimana jika orang yang memiliki kesibukan mencoba untuk berkomitmen dengan acara yang diikutinya. 

Pada pos kali ini. Aku ingin bercerita tentang Sharie yang sangat menyukai buku-buku karya Agatha Christie. Aku bertanya tentang karakter favoritnya dari karya Agatha Christie dan jawabannya adalah: Aku suka Miss Marple karena kami sama-sama perempuan. Terus aku merasa kalau Miss Marple itu adalah Agatha Christie. Hehe. Selain itu, mungkin karena aku suka orang yang terlihat biasa-biasa saja namun menghanyutkan. Tahu kan kalau Miss Marple itu perempuan tua? Tapi karena kesehatannya yang rentan itu, kadang ia tidak "dianggap" oleh si tersangka. Selain itu, kala menyelidiki secara personal, ia bisa membuat penyamaran dengan merumpi. Padahal sebenarnya ia sedang menggali informasi. Jadi ingin seperti Miss Marple dari segi ketajaman pikirannya. Dan berharap kalau tua nanti masih bisa menikmati bacaan bergenre kriminal dan thriller. 

Aku tidak pernah tahu siapa itu Miss Marple. Aku baru membaca satu buku karya Agatha Christie yang berjudul "And Then There Were None" dan itu juga karena aku menyukai serial televisinya yang sudah diadaptasi pada 2015 lalu. Dan, memang, bagus. Aku sempat mencari referensi karya Agatha Christie lain yang mungkin bisa kubaca dan beberapa teman memberi rekomendasi buku yang judulnya "Murder on the Orient Express". Doakan aku, teman-teman, agar bisa membacanya suatu hari nanti. Terima kasih.

Selain bertanya karakter favorit, aku juga memintanya-dengan-sedikit-memaksa menjabarkan buku-buku yang amat ingin dibacanya segera. Dan ia memberikan lima daftar buku sebagai berikut. (1) "In A Dark, Dark Wood" karya Ruth Ware; merupakan salah satu daftar keinginanku yang akhirnya bisa dimiliki karena acara ini (#BBIShareTheLove) dan akan segera kubaca. Sejak penerbit membagikan informasi tentang buku ini, aku dibikin penasaran setengah mati. Genrenya aku banget dan sampulnya bagus! (2) "The Hollow Boy (Lockwood & Co. #3)" karya Jonathan Stroud; buku ini sudah kubeli rilis pertama kali yaitu 9 Agustus 2016 tapi sampai sekarang belum dibaca karena belum baca buku keduanya. Hehehe.


(3) "The Day You Died" karya Jack Lance; buku ini kudapat saat peluncuran buku kedua Jack Lance pada Desember lalu di Gramedia Central Park. Belum dibaca tapi genrenya aku banget. (4) "Psychic Detective Yakumo: That which Connects Souls" karya Manabu Kaminaga; buku yang merupakan manga ini sudah kupunya dari September tahun lalu, yang—seperti buku-buku lainnya—masih kutimbun. Aku membelinya karena hanya membaca sinopsisnya yang tentang pembunuhan. Yang terakhir adalah (5) "Glass Sword (Red Queen #2)" karya Victoria Aveyard; buku lanjutan dari "Red Queen" ini kupunya sejak Desember tahun lalu. Jangankan kubaca, segelnya saja masih belum kubuka. Belum sempat kubaca karena akhir-akhir ini aku sedang agak menjauhi buku-buku tebal.

Setelah mengetahui buku-buku di atas, ternyata Sharie juga menyukai genre lain seperti fantasi. Yah, aku juga mendoakan Sharie kelima buku di atas dapat segera dibaca supaya bisa membeli dan membaca buku lainnya. Lalu, bagaimana denganku? Aku juga memberikan daftar buku yang ingin segera kubaca pada Sharie melalui blognya di tautan ini. Salah satunya adalah buku yang menjadi hadiah dari Sharie dalam acara #BBIShareTheLove ini! Buku tersebut adalah "The Hidden Oracle (The Trials of Apollo #1)" karya Rick Riordan. Dan untuk buku yang kuberikan kepada Sharie yang juga sudah disebut-sebut olehnya di atas adalah "In A Dark, Dark Wood" karya Ruth Ware. Ayo! Siapa yang benar menebak buku yang kudapatkan dari Sharie dan yang Sharie dapatkan dariku?

Diberi Cokelat Juga

Dua buku yang kusebut di atas adalah jawaban dari giveaway yang diadakan olehku dan Sharie pada pos pertama #BBIShareTheLove. Ada lebih dari 25 jawaban yang masuk melalui isian yang sudah kami buat. Jumlah yang cukup banyak mengingat hadiah yang kami berikan hanya voucher belanja buku senilai total IDR 150K. Tapi lucunya, hampir semua tebakan bukuku benar tapi tidak hanya beberapa yang menjawab benar tebakan buku Sharie. Kebanyakan menjawab "The Silent Wife" karya A.S.A Harrison dan malah ada yang menjawab "The Red Shoes" karya Agatha Christie dan "Golden" karya Jessi Kirby. Hal ini mungkin dikarenakan petunjuk dariku lebih mudah daripada petunjuk yang diberikan oleh Sharie. Tapi, seru juga ya!

Nah, berhubung sudah tahu jawabannya, aku dan Sharie akhirnya memutuskan yang menjadi pemenang pada giveaway kali ini adalah:

Rimadian Ulfa Yusfia (@AdinRim) dari Temanggung
dan
Alfath Famela R. (@alfari_12) dari Sidoarjo

Selamat untuk Rimadian dan Alfath! Segera kirimkan data diri dan buku keinginan melalui surel oughmybooks (at) gmail (dot) com. Terima kasih atas partisipasi teman-teman dalam acara kali ini dan terima kasih pula kepada Sharie karena telah menjadi rekan diskusi yang lumayan asyik. Sampai jumpa pada giveaway Bibli selanjutnya!

9 komentar :

  1. Alhamdulillah...tidak menyangka karena ... Terima kasih :D

    BalasHapus
  2. Selamat untuk pemenang. Dan untuk kak raafi, harus, wajib dan kudu baca "Murder on the Orient Express",hebat kalo kak Raafi bs nebak siapa tersangkanya. Hohoho...

    BalasHapus
  3. alhamdulillah... nggak nyangka beneran, soalnya awalnya ragu antara the silent wife sama in a dark, dark wood.. makasih kakak-kakak..... :)

    BalasHapus
  4. Ahhh. And Then There were None bagus banget adaptasinya. *Salah fokus.

    BalasHapus

Back to Top