14 September 2015

Namaku Subardjo Blog Tour + Giveaway


Senang akhirnya Bibli bisa mengadakan blog tour sekaligus giveaway lagi. Kali ini, bersama Subardjo, karakter dalam buku "Namaku Subardjo" terbitan teranyar Metamind, imprint Penerbit Tiga Serangkai. Cari tahu tentang bukunya, yuk!

***
Sampul
Judul : Namaku Subardjo
Pengarang : Hapsari Hanggarini
Penerbit : Metamind (Tiga Serangkai)
Tahun : 2015
Dibaca : 13 September 2015
Rating : ★★★

"Oalah, Mas! Jadilah caleg sejati! Bagi caleg, masa kampanye bukan saatnya menjadi santri yang baik, ustaz yang teladan atau menjadi orang suci! Segala kesempatan baik harus digunakan untuk menjaring suara konstituen. Nggak banyak kesempatan kayak gini! Waktunya sangat terbatas." (hal. 161)

Aku sempat berpikir untuk mengundurkan diri dari penyelenggaraan acara blog tour karena buku ini tidak sesuai ekspektasi. Aku pikir buku ini lebih ke thriller atau detektif; cerita tentang Subardjo yang mencari tahu kenapa dirinya diberi nama seperti itu. Tetapi buku ini malah bercerita tentang pelampiasan dirinya yang putus cinta karena namanya yang kurang beken dan memutuskan menjadi seorang calon anggota legislatif.

Tapi tunggu dulu. Jangan langsung membalikkan badan seperti itu! Walaupun tidak sesuai ekspektasi, buku ini menyuguhkan ide cerita yang lain dari karya fiksi lokal kebanyakan. Tentang menjadi seorang calon anggota legislatif. Legislatif? Bagi kamu yang sering bolos saat pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, aku kasih tahu lagi ya, bahwa Legislatif adalah sebuah lembaga kenegaraan di Indonesia yang dalam hal ini memiliki tugas untuk membuat atau menciptakan undang-undang.

Aku sedikit terganggu dengan sudut pandang orang pertama yang dilakoni adiknya, Dina—atau Dini ya?—pokoknya dia sering dipanggil "Din". Mengingat semua ceritanya berpusat pada sang kakak, Mas Jojo, kenapa malah Dina—atau Dini—yang menyampaikannya? Saranku lebih baik menggunakan sudut pandang orang ketiga saja. Kasihan kan Dina—atau Dini—harus selalu mengikuti langkah sang kakak ke mana pun dia pergi. Seperti Dina—atau Dini—tidak punya kepentingan sendiri saja.

Terlepas dari nyaleg-nya Subardjo dan siapa nama adiknya sebenarnya, buku ini bisa menjadi teman melepas penat karena berisi humor-humor yang bikin cengar-cengir. Selain itu, buku ini termasuk ringan karena isu sosial-politik yang diangkatnya masih dalam taraf wajar dan malah memberikan wawasan tentang bagaimana menjalani hidup sebagai seorang calon anggota legislatif. Banyak pelajaran juga yang bisa diambil dari kisah Subardjo. Sepertinya penulis pernah nyaleg tapi tidak lolos nih. Bener gak, Mba Hapsari? :p

Akhir kata, buku ini cocok buat melepas stres. Cocok buat kamu yang bercita-cita menjadi anggota legislatif. Cocok juga buat kamu yang punya nama standar bahkan di bawah standar. Pokoknya, buku yang menghibur! Sempat mesam-mesem dewek sama Bahasa Ngapak yang disajikan dalam buku ini. Nyong ge cah ngapak!

"Memangnya caleg harus begitu, ya? Memangnya masyarakat kita terlalu materialistis hingga harus selalu minta uang dari para caleg? Atau, si caleg yang kegeeran, dikira kalau udah memberi uang, terus bakalan dipilih?" (hal. 207)


***

Giveaway!

Saat yang ditunggu-tunggu pun tiba. Tersedia satu buku "Namaku Subardjo" karya Hapsari Hanggarini buat kamu yang berani terima tantangan dari Bibli. Simak baik-baik ketentuannya!
  1. Ikuti akun twitter penulis @Hh_Hapsari dan penerbit @Tiga_Serangkai (wajib).
  2. Ikuti Bibli via Google Friend Connect (GFC) dan akun twitter blog host @raafian (opsional).
  3. Bagikan tautan giveaway "Namaku Subardjo" via akun media sosial kamu dengan mention akun Twitter di atas dengan hashtag #NamakuSubardjo.
  4. Buatlah satu kalimat dari kata-kata bercetak tebal yang tersebar dalam ulasan buku "Namaku Subardjo" di atas. Ketemu kan? Ingat, hanya satu kalimat!
  5. Tulis jawabanmu pada kolom komentar di bawah ini disertai data diri kamu (nama, akun twitter, dan kota domisili). Satu nama, satu jawaban!
  6. Giveaway ini berakhir pada 20 September 2015. Pemenang akan diumumkan pada 21 September 2015.
  7. Pemenang akan dipilih dari jawaban yang menurut Bibli paling unik dan kelengkapan ketentuan giveaway.

Blog Tour "Namaku Subardjo" diselenggarakan pada 7 September - 11 Oktober 2015 dengan jadwal sebagai berikut.

7 -13 September 2015 di rizkymirgawati.blogspot.com
14 - 20 September 2015 di sini aja
21 - 27 September 2015 di kendengpanali.blogspot.com
28 September - 4 Oktober 2015 di melukisbianglala.wordpress.com
5 - 11 Oktober 2015 di kubikelromance.com

Yuk, nyaleg! Kayaknya seru!

PENGUMUMAN PEMENANG DI SINI.

10 komentar :

  1. neng ora ngapak, neng wes kepengen bukune koe "namaku subardjo" dikasih gratis buat eneng.

    Tri Indah Permatasari. @LiebeIs0503. Palembang

    BalasHapus
  2. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Domisili : Medan

    Iki Subardjo, calon Legislatif wong Ngapak

    BalasHapus
  3. nama : Pramestya
    akun twitter : @p_ambangsari

    domisili : Temanggung

    Nggak peduli namaku Subardjo, ngomongnya ngapak, yang penting aku calon Legislatif!!

    BalasHapus
  4. Sofhy Haisyah
    @Sofhy_Haisyah
    Makassar
    https://twitter.com/Sofhy_Haisyah/status/643611998626934784

    NGAPAK tuh tradisi bicara yang jujur. Jadi, enyong ! SUBARDJO ! kelak akan menjadi pejabat LEGISLATIF yang amanah dan jujur !!

    BalasHapus
  5. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Domisili: Malang

    Semua orang tahu Subardjo, si anggota legislatif bertampang ndeso yang suka bicara pakai bahasa ngapak.

    BalasHapus
  6. Nama: Khusnul
    Twitter: @imahreana
    Kota: Lumajang, Jatim

    Bahasa NGAPAK tidak jadi masalah buat SUBARJDO untuk mencalonkan diri jadi calon LEGISLATIF.

    BalasHapus
  7. Walaupun namanya Subardjo dan suka bicara pakai bahasa Ngapak, jangan salah loh, dia juga bisa jadi calon Legislatif mumpuni!

    nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    kota: Serang

    BalasHapus
  8. Nama: Didi Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra
    Domisili: Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau

    Bismillah Ikutan^^

    Jawaban:
    Kenapa harus bingung memilih Legislatif, kalau sudah ada Subardjo yang terjamin kualitasnya meskipun Ngapak.

    Terima kasih!

    BalasHapus
  9. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Domisili: Palembang

    Subardjo nyalon legislatif iki kita mesti bangga lho, utamane sampeyan sing cah ngapak kudu dukung sadurunge sampeyan dikapak.

    #eh ._.

    BalasHapus
  10. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Twitter : @Agatha_AVM
    Domisili : Jember

    Ngapak inget Subardjo, sang calon legislatif pembawa aspirasi rakyat dan harapan seluruh bangsa.

    BalasHapus

Back to Top