14 Februari 2016

Bibli & Shiori-ko in Crush: Perkara Hari Kasih Sayang


"Sebagai seorang teman yang baik dan saya sendiri sudah menganggap Raafi dan Bibli teman yang sangat dekat, rasanya tidak mungkin jika mengabaikan ajakan untuk merayakan Hari Kasih Sayang sebagaimana hari tersebut menjadi sesuatu yang bersifat universal. Terlepas dari pro dan kontranya, saya yakin, Hari Kasih Sayang yang juga disebut dengan Valentine's Day kini menjadi suatu komoditas yang mendatangkan banyak keuntungan. Namun, kali ini, marilah saya bersama Bibli berbagi kasih sayang kepada pembaca." —Shiori-ko

Pengantar di atas dituliskan langsung Shiori-ko, blog buku Kak Hestia, ketika Bibli mengirimkan surel untuk meminta pendapat tentang Hari Kasih Sayang yang jatuh tepat pada hari ini. Bibli berpendapat kasih sayang tidak melulu disimbolkan dengan pasangan atau kekasih. Kasih sayang yang universal menurut Bibli adalah ketika kamu bisa lebih mengasihi dan menyayangi orang-orang terdekatmu, termasuk, tentu saja ayah dan ibumu.

Karena Kak Hestia terlalu sibuk, dia menyerahkan pertanyaan-pertanyaan Bibli langsung kepada Shiori-ko. Bibli dan Shiori-ko akhirnya berbincang mesra. Tidak hanya membahas kasih sayang kepada orangtua, tetapi juga hal-hal lainnya. Untuk memudahkan membaca, Bibli disingkat (B) dan Shiori-ko disingkat (S). Satu hal lagi: jawaban-jawaban Shiori-ko adalah representasi dari jawaban Kak Hestia ya!

***

B: Halo Shiori-ko! Boleh dong urun pendapat. Menurut kamu seperti apa sih sebaiknya mengungkapkan kasih sayang, terutama kepada orangtua?
S: Wah, kalau Shiori-ko sendiri nggak pernah ya ngadain acara spesial buat nunjukkin perasaan sayang ke orangtua. Shiori-ko sukanya lebih dengan terus berprestasi. Ya bilang aja kalau berhasil memenangkan suatu perlombaan. Meskipun di depan kita, mereka cuman kasih selamat doang, atau bahkan sikapnya nggak berubah, tapi sebenarnya mereka bangga lho sama kita! Kita bakal jadi bahan obrolan kalau ketemu dengan ibu-ibu lainnya atau waktu group chat sama ibu-ibu arisan. Itu contoh simpel suatu hal yang menunjukkan kalau kita sayang sama orangtua kita: keep them know about what we're doing and what the best thing we can do. Nggak perlu nunggu hari-hari tertentu untuk bisa kasih tunjuk hal itu. Kita bisa melakukannya setiap saat dan kapan saja.

B: Berarti menurut Shiori-ko, ketika Hari Kasih Sayang, nggak kasih apa-apa ke orangtua?
S: Nggak hahaha. Shiori-ko suka ngerasa canggung kalau tiba-tiba bilang sayang sama Mama atau Papa. Atau kasih hadiah apa gitu. Aneh aja. Makanya Shiori-ko lebih nyaman untuk tidak mengikuti apa yang sering diunggah oleh anak kekinian di media sosial. Shiori-ko lebih suka mengunggah prestasi, Bli!



B: Kalau begitu, nggak perlu ada Hari Kasih Sayang yang khusus untuk orangtua dong?
S: Kalau Shiori-ko sih tetap merasa perlu ya. Hahaha. Eh, eh, Bibli sadar nggak sih ketika suatu bulan menjadi tematik, di situlah tempatnya diskon! Termasuk diskon buku! Walaupun besaran diskonnya tidak sebesar diskon baju, tapi siapa sih yang berani menolak diskon? Hehehe Bibli pasti juga sering ngerasa "wah, lumayan nih, diskon Valentine. Kapan lagi bisa diskon kayak gini?" Iya kan, Bibli? Ngaku deh... :p

B: Kok jadi bahas diskon buku. Emang namanya diskon buku godaannya besar banget. Oh iya, sejauh ini ada kenangan manis nggak bareng orangtua yang akhirnya bikin Shiori-ko jadi makin sayang sama mereka?
S: Pasti ada dong. Udah 22 tahun hidup dan dibesarkan langsung oleh mereka pasti punya kenangan manis. Shiori-ko besar dalam keluarga yang hobi banget baca buku. Setiap minggu pasti deh sekeluarga pergi ke toko buku. Nah, biasanya, Papa suka beli buku soal sains atau sejarah. Papa kadang juga suka cerita tuh tentang suatu hal yang menurutnya keren banget. Misalnya aja cerita soal Smithsonian Museum yang ada di Amerika Serikat sana. Saking takjubnya, Papa kayak nggak pernah bosen buat cerita ada apa aja di dalem sana. Gara-gara itu, Shiori-ko jadi pengin buat suatu saat bisa ngajak liburan sekeluarga ke sana! Eh, itu tanda makin sayang kan ya?

Sisi National Museum of Natural History dalam kompleks Smithsonian Institut
B: Wih, semoga mimpinya dapat secepatnya terwujud ya, Shiori-ko!
S: Sebenarnya, Shiori-ko sendiri juga memang pengin kesana gara-gara film "Night at The Museum 2" tuh. Shiori-ko suka banget melancong ke museum atau tempat-tempat yang isinya ilmu pengetahuan gitu, Bli!

B: Menarik nih. Kalau tadi sudah ngobrolin soal Hari Kasih Sayang dan orang tua, sekarang Bibli mau tanya soal buku ya. Shiori-ko punya rekomendasi buku yang kurang lebih menceritakan soal kasih sayang kepada orangtua nggak sih?
S: Ah ini pertanyaan sulit nih! Kenapa nanyain beginian sih Bibli? Shiori-ko kan bacaannya novel anak gitu... Oke, kalau diminta rekomendasi kayaknya yang cocok itu novel "Sabtu Bersama Bapak" karangan Adithya Mulya yang segera jadi film. Sebenarnya "Sabtu Bersama Bapak" udah sering banget jadi bahan perbincangan lho! Abisnya, buku itu bagus banget! Ceritanya seputar kasih sayang keluarga. Bagaimana orangtua mengasihi putranya dan bagaimana para putranya membalas kasih sayang tersebut. Wah, pokoknya bagus banget deh! Dan cocok buat jadi bacaan di bulan penuh kasih ini.

B: Iya tuh! Gara-gara Sabtu Bersama Bapak, sekarang cewek-cewek jadi punya standar baru dalam menentukan pasangan.
S: Ih Bibli-nya baper.

B: Hehehe. Maaf kebiasaan. Okedeh, daripada Bibli jadi makin tertarik arus sedu sedan ini, Bibli mau tutup saja wawancara yang super singkat barusan ya! Terima kasih banyak Shiori-ko sudah mau meluangkan waktunya untuk membahas soal Hari Kasih Sayang. Semoga Shiori-ko makin banyak dapet buntelan buku dan jadi penulis yang oke. Sampai ketemu di lain waktu ya!
S: Sama-sama ya, Bibli, sudah mau mewawancara Shiori-ko! Semoga blog bukunya makin kece dan PNFI makin berjaya!

***

Kasih sayang bisa diungkapkan dengan berbagai cara. Bisa dengan cara yang langsung, seperti membelikan cokelat batangan, bunga, atau hal representatif lain. Bisa juga dengan hal yang berproses seperti diungkapkan Shiori-ko di atas. Terlepas dari itu, kita bisa kok mengungkapkan rasa kasih sayang kita kepada seseorang sekali-kali. Supaya mereka tahu bahwa kita benar-benar merasakannya. Dan tentu bisa dilakukan kapan saja, tidak harus menunggu Hari Kasih Sayang.

Bibli senang akhirnya bisa mewawancarai Kak Hestia melalui Shiori-ko. Satu hal yang Bibli kutip dari bincang-bincang di atas: "Biarkan mereka (orangtua) tahu atas apa yang kita lakukan dan hal besar apa yang bisa kita lakukan." Sebagai bocoran buat teman-teman setia Bibli: besok giliran Bibli yang diwawancara oleh Shiori-ko! Jangan sampai ketinggalan ya!

Oh ya, terakhir, terima kasih kepada Kak Anastasia @ Jane and Her Bookienary yang sudah membuatkan banner "Bibli & Shiori-ko in Crush". Bibli merekomendasikan Anastasia buat kalian yang butuh desainer grafis untuk membuat banner dan grafis lainnya. Hasilnya super! Bibli suka!


Post ini untuk Posting Bareng BBI 2016 bulan Februari bertema #BBIValentinesDay.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Back to Top