30 Maret 2015

[Opinion] They Said About Fantasy Novel


Untuk menyemarakkan event Around The Genres in 30 Days, Bibli melakukan wawancara pada empat penikmat dan penggiat novel fantasi tentang novel fantasi yang baik. Jadi langsung saja kita cari tahu.

24 Maret 2015

Looking for Alaska

Sampul
Judul : Mencari Alaska
Judul Asli : Looking for Alaska
Pengarang : John Green
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2014
Dibaca : 21 Maret 2015
Rating : ★★★

Aku merasakan cita rasa tulisan John Green itu kontemporer dengan cinta sebagai tema utama dan objek lain sebagai bumbu agar pembaca mendapatkan wawasan dari apa yang telah dibacanya. Begitu pula dengan buku ini, yang mana sebagai objek bumbunya adalah kata-kata terakhir sebelum kepergian orang-orang terkenal.

Ada dua tokoh yang bahkan penulis membuat catatan di akhir buku tentang kata-kata terakhir mereka. Adalah Simón Bolívar yang merupakan tokoh revolusioner Venezuela dan sang penyair François Rabelais. Yang menarik adalah kata-kata terakhir sangat sulit dipastikan kebenarannya. Dan penulis berusaha untuk seakurat mungkin untuk menyisipkan kata-kata terakhir tokoh yang disebutkan pada buku ini.

19 Maret 2015

[Event] Around the Genres in 30 Days: Science Fiction - Fantasy Genre

Banner
Akhirnya aku memutuskan untuk ikutan acara BBI setelah sebelumnya tidak mengikuti Secret Santa 2014. Untuk memperingati ulang tahun BBI, Divisi Acara menyelenggarakan "Around the Genres in 30 Days" yang dibagi menjadi tiga faksi: Romance, Science Fiction-Fantasy, dan Childlit-Young Adult. Wow. Faksi. So something, huh? Yah, ini sekalian memperingati film Insurgent yang akan tayang April nanti. Bukan. Ini bukan promosi. Aku gak diberi apa pun untuk ini.

Jadi, setiap faksi memiliki peserta yang masing-masing menentukan event-nya sendiri. Pembagian peserta bisa dilihat di sini. Bukan, bukan. Di sini.

15 Maret 2015

The Curious Incident of the Dog in the Night-Time

Sampul
Judul : Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran
Judul Asli : The Curious Incident of the Dog in the Night-Time
Pengarang : Mark Haddon
Penerbit : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
Tahun : 2004
Dibaca : 15 Maret 2015
Rating : ★★★★★

"Dan orang yang percaya Tuhan berpikir bahwa Tuhan yang menciptakan manusia di bumi karena mereka yakin bahwa manusia merupakan binatang paling unggul, tapi manusia hanya binatang biasa yang akan berevolusi menjadi binatang lain, dan binatang itu akan lebih cerdas dan akan memasukkan manusia ke kebun binatang, seperti kita memasukkan simpanse dan gorila ke kebun binatang." (hal. 230)

Aku menemukan satu lagi buku yang bisa masuk rak favoritku. Kali ini bukan fantasi, bukan pula klasik, tapi novel remaja yang tokoh utamanya menyandang autisme, Sindrom Asperger tepatnya. Mungkin banyak buku remaja dengan tema serupa, tapi ini yang pertama kubaca. Dan aku terkesan. Sangat.

14 Maret 2015

Versus Comanche, Winnetou II Part II

Sampul
Judul : The Wild West Journey: Versus Comanche
Judul Asli : Winnetou II
Pengarang : Karl May
Penerbit : VisiMedia Pustaka
Tahun : 2014
Dibaca : 11 Maret 2015
Rating : ★★★★

Ada beberapa hal yang membuatku memutuskan untuk menyukai paruh kedua buku Winnetou II ini. Dari judulnya, Versus Comanche merupakan suku yang melawan Apache, suku yang dipimpin Winnetou. Ada bagian yang bertempo cepat ketika kedua suku tersebut saling menyerang. Dan itu satu hal yang kusukai.

***

Charlie masih bersama dengan Old Death dalam misi mengejar Gibson dan menemukan anak Mr. Ohlert masih berlanjut. Kini mereka ditemani tiga rekan, yaitu Lange dan putranya, serta seorang negro bernama Sam yang masing-masing memiliki misi tersendiri.

04 Maret 2015

Brokeback Mountain

Sampul
Judul : Gunung Brokeback
Judul Asli : Brokeback Mountain
Pengarang : Annie Proulx
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2006
Dibaca : 27 Februari 2015
Rating : ★★★★

Aku baru tahu terjemahan buku ini setelah salah satu toko buku online di Facebook memajangnya dengan harga miring. Setelah kubuka, ternyata sudah diterjemahkan sejak 2006. Itu berarti setahun setelah filmnya, dengan judul yang sama, rilis pada 2005.

Aku tahu dari filmnya, tentu saja. Dengan memenangkan tiga Piala Oscar pada 2006, Brokeback Mountain menjadi film yang dicari-cari dan membuat penasaran bagi para penggila film. Filmnya sungguh membuat terenyuh dan aku beruntung bisa membaca bukunya.

02 Maret 2015

Will Grayson, Will Grayson

Sampul
Judul : Will Grayson, Will Grayson
Pengarang : John Green & David Levithan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2015
Dibaca : 27 Februari 2015
Rating : ★★★

"Ketika sesuatu patah, bukan patah itu yang menghalangi kedua bagian bersatu lagi. Tapi karena ada satu kepingan kecil yang hilang sehingga dua ujung yang tersisa tak bisa bertaut kembali meskipun mereka menginginkannya. Seluruh bentuknya telah berubah." (hal. 195)

Setiap buku memiliki ketertarikan masing-masing yang membuat seseorang ingin, begitupun dengan buku ini. Terdapat dua karakter berbeda dengan nama yang sama, Will Grayson, yang ditulis oleh dua orang berbeda.

Back to Top