19 Maret 2015

[Event] Around the Genres in 30 Days: Science Fiction - Fantasy Genre

Banner
Akhirnya aku memutuskan untuk ikutan acara BBI setelah sebelumnya tidak mengikuti Secret Santa 2014. Untuk memperingati ulang tahun BBI, Divisi Acara menyelenggarakan "Around the Genres in 30 Days" yang dibagi menjadi tiga faksi: Romance, Science Fiction-Fantasy, dan Childlit-Young Adult. Wow. Faksi. So something, huh? Yah, ini sekalian memperingati film Insurgent yang akan tayang April nanti. Bukan. Ini bukan promosi. Aku gak diberi apa pun untuk ini.

Jadi, setiap faksi memiliki peserta yang masing-masing menentukan event-nya sendiri. Pembagian peserta bisa dilihat di sini. Bukan, bukan. Di sini.

Tak usah menerka-nerka aku memilih faksi yang mana. Tentu saja "Science Fiction-Fantasy" yang sudah mendarah daging. Pasti si tulang marah karena gak disebut. Oke, mungkin terlalu berlebihan tetapi kebanyakan buku yang kupunya memang bergenre fantasi dan genre fantasi jugalah yang membuatku suka dengan buku.


Jadi event apa yang akan diselenggarakan faksi SFFdisingkat saja ya, biar greget? Setelah sedikit waktu yang diberikan panitia, kami memutuskan untuk membahas beberapa genre turunan fantasi dan novel atau serial novel genre fantasi dan fiksi-ilmiah yang underrated di Indonesia.

"Menurutku novel fantasi yang bagus adalah yang membawa pembaca berimajinasi tinggi tentang apa yang diceritakan. Apapun unsurnya. Settingnya bisa terdeskripsikan dengan baik, karakter yang tidak mainstream dan penuh kejutan, bisa juga entitas (makhluk) fantasi yang digambarkan secara rinci sehingga pembaca dapat mengolah dengan pikiran mereka sendiri. Salah satunya tercapai, maka novel fantasi bisa dikatakan bagus." —Kutipan obrolanku dengan Bebi Januari lalu.

Selain pembahasan tentang yang disebutkan di atas, masing-masing anggota faksi SFF akan menyelenggarakan giveaway di blognya masing-masing. Dan ... dan ... akan ada hadiah spesial dari faksi SFF untuk pengikut setia faksi kami di akhir acara.

***

Aku bertanya-tanya tentang yang ini: pada Rules for "Around The Genres in 30 Days" pasal 1 ayat 1 nomor 1bohong bohong, cuma ada nomordisebutkan bahwa peserta maksimal 15 orang. Tapi pada faksi SFF ada 16 orang. Wah, mungkin ada seorang yang Divergent! Siapa ya? Mungkin aku, mungkin Kang Opan, tapi tidak mungkin Dijahyellow. Argh, blogku ternoda.

Berikut adalah para peserta faksi SFF:
  1. Abduraafi Andrian di sini aja
  2. Alvina Ayuningtyas di Mari Ngomongin Buku
  3. Andrea Ika Hapsari di Kayla on Books
  4. Arkian Widi di Bukubuku
  5. Cynthia Damayanti di Let's Read Between the Pages
  6. Dion Yulianto di Baca Biar Beken
  7. Indah Tri Lestari di Threez's Stacks
  8. Ira Mustika di Ira Book Lover
  9. Lina Riyanty di Let Me Tell You a Story
  10. Prasasti Purboningrum di Legitur
  11. Priska Nurina di Lego, Ergo Cogito, Ergo Sum
  12. Renanda Puspita di Ren's Little Corner
  13. Sabrina Zheng di Notes of The Dreamer
  14. Steven Sitongan di Blog Buku Haremi
  15. Wardahtul Jannah di Melukis Bianglala
  16. Yovano Nalande di Kandang Baca

Jadi, sudah siap susuri 16 blog peserta di atas? Harus dong! Mungkin kamulah yang beruntung mendapatkan hadiah spesial yang masih dirahasiakan faksi SFF. Oke, kalimat terakhir mirip dengan kata-kata di brosur kredit motor berhadiah motor. Pokoknya, jangan lupa follow Bibli ya agar tidak ketinggalan rangkaian acaranya! Salam Fantasi!

6 komentar :

  1. Dijah ....eksis aje yeeee *kemudian nyontek postinganye Rafii

    BalasHapus
  2. Wakakakaka ternoda *kemudian ingat kang Opan yang kotor* =))

    BalasHapus
  3. Wakakakaka. Ternyata noda dan kotor-kotor sekarang identik sama aku yaa. Ya ga papa sih. Ga ada noda gak belajar kalo kata Tante Rinso. #apadeh #ootbanget

    BalasHapus
  4. bawa-bawa Dijah segala Fi XD
    Aku jadi penasaran buku fantasi underrated apa aja sebenernya

    BalasHapus
  5. Malah lebih dari 16, Fi. Kang Opan kan diitung... *eh

    Semoga saja semakin rame semakin seru, ya!

    BalasHapus
  6. si mas rafi jadi penulis handal

    BalasHapus

Back to Top