07 Juli 2013

The Maze Runner

Awalnya aku berpikir bahwa seri novel ini tidak sebegitu menarik, tetapi aku dibuktikan dengan penilaian empat-bintangku yang memang sangat menegangkan dan seru. Maze Runner Series.

Thomas menjadi seorang anak yang tiba-tiba masuk ke dalam Kotak. Kotak menjadi tempat hidupnya yang baru. Dan semuanya lelaki, tak ada perempuan. Hingga suatu saat Teresa datang yang membuat semua penghuni Kotak terkejut. Ada yang salah. Tidak, bukan "ada" tapi semuanya salah.

Dan lagi, ada yang salah bila novel ini tidak diadaptasikan ke film. Dan tahun 2014, menjadi tahunnya para penghuni Kotak. Filmnya akan rilis bulan September 2014. Ini sneak-peek-nya:


Lift yang membawa para lelaki menuju Kotak
Berikut ulasan singkatku tentang serial karya James Dashner yang menurutku, menjadi bacaan wajib untuk para penggemar novel fantasi.


***

Sampul
Judul : The Maze Runner
Pengarang : James Dashner
Penerbit : Mizan Fantasi
Tahun : 2011
Dibaca : 30 Mei 2013
Rating : ★★

Kalian harus tau bahwa segala yang ada di Bumi berasal dari Tuhan, Sang Kreator. Mungkin hal ini yang mendasari terbentuknya cerita dari novel ini. Ada suatu tempat dimana Sang Kreator membebaskan ciptaan-Nya bergerak seluwes mungkin dan menentukan sendiri arah hidup mereka. Itu tiga poin.

Novel ini benar-benar membuka fantasi dan imajinasiku ketika setiap kalimatnya membuat kita semakin ingin mengetahui apa yang Sang Penulis atur. Contoh kecilnya adalah Kotak.

Kalian tak akan pernah memikirkan hal lain dengan kotak yang biasa kalian tau. Kotak di sini adalah satu tempat yang entah dari mana asalnya memberikan begitu banyak misteri di dalamnya. Seorang anak setiap bulan. Perbekalan setiap minggu. Beberapa barang permintaan setiap ada yang meminta. Kalian tidak tahu dari mana asalnya. Siapa yang mengirimnya. Bagaimana cara mengendalikannya. Dan masih banyak pertanyaan lain atas satu objek yang disebut Kotak. Misterius! Sangat membuat kita ingin mencari tau lebih banyak lagi!

Dan untuk pesan terakhirnya itu... Ya, aku yakin aku harus terus menjelajahi ceritaUncle James ini. Sungguh cerita fantasi yang err... membuat Otak Kanan kalian terus bekerja!


***
Sampul
Judul : The Scorch Trials
Pengarang : James Dashner
Penerbit : Mizan Fantasi
Tahun : 2012
Dibaca : 11 Juni 2013
Rating : ★★

Akhirnya selesai juga membaca novel ini. Sempat tertunda karena ada presentasi makalah pemrograman yang ... sangat bikin kepala hampir terbelah. Pfffft...

Untuk ceritanya: mengagumkan dan ... menjijikkan. Tentang para Crank dan monster manusia yang ada di akhir cerita. Seluruh gambaran fisiknya membuatku mual.

Mengagumkan karena banyak sekali alur kehidupan yang baru dan mengejutkan. Seperti Thomas yang bertemu dengan Aris di asrama, Brenda dan Jorge di kota mati, dan Grup B di sisa akhir perjalanan menuju surga yang aman. Yang lebih mengejutkan ketika Teresa disebut pengkhianat dan ... memang seperti itu.

Mengenai gurun yang terik panasnya sungguh menyengat, awalnya aku tidak bisa membayangkan seperti apa. Gurun, tapi bertanah? Bukan pasir. Mungkin seperti lahan luas kosong yang terlalu gersang, bahkan air saja tidak mampu bertahan di sana. Seperti sawah yang sudah tidak ditanami padi di sepanjang musim kemarau. Mungkin seperti itu.

Pada akhirnya adalah yang lebih mengejutkan ketika Thomas tidak lagi percaya pada Teresa. Oh, ayolah! Cinta jadi benci? Sungguh cerita yang sangat tidak bisa ditebak!

Oh ya, satu lagi, salam jari tengah buat WICKED yang sudah membuat semua ini berjalan selancar mungkin. Jika aku adalah Thomas, sudah aku ludahi si WICKED itu, entah apa atau siapa mereka.


***
Sampul
Judul : The Death Cure
Pengarang : James Dashner
Penerbit : Mizan Fantasi
Tahun : 2012
Dibaca : 6 Juli 2013
Rating : ★★

Yeah! Berapa lama aku menghabiskan buku ini? Satu minggu? Mungkin lebih... Dan kalian tahu aku merasakan apa? Aku menyesal karena menunggu selama itu untuk mengetahui akhir cerita.

Awalnya aku berpikir kisah di novel ini bakal mulus dengan misi-misi WICKED sebelumnya. Tapi tidak! Thomas dan kawan-kawan tak lagi mempercayai WICKED dan mereka berusaha untuk menuntut balas apa yang dilakukan WICKED, dalam sudut pandang mereka tentu saja. Dan itu berhasil! Tak ada lagi aturan-aturan WICKED yang mereka patuhi dan WICKED tidak lagi berkuasa karena lambat-laun Thomas dan kawan-kawan tahu apa yang salah dalam rencana WICKED yang sesungguhnya.

Overall, kisah ini penuh aksi seperti biasa, pengkhianatan, persahabatan, dan kejutan! Apa yang mengejutkan? Oh, ayolah! Kalian pasti bisa menebak! Terlalu banyak cerita yang mengorbankan satu atau beberapa orang baik dan sangat dengan dengan pemeran utama. Oh, cukup sampai di situ!

Akhirnya, kita diberikan pesan tersirat bahwa rencana besar dan ambisius tidak selalu berjalan mulus dan sesuai dengan yang diharapkan. Mungkin cara yang dilakukan dalam rencana itu salah, dan ada cara yang lebih baik dan dapat meminimalisir risiko.

Akhir yang bahagia!

Dan, sebenarnya ... WICKED itu baik...

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Back to Top