30 Juni 2015

Flip-Flop

Sampul
Judul : Flip-Flop
Pengarang : Rido Arbain, Ratna Rara
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun : 2015
Dibaca : 29 Juni 2015
Rating : ★★★

"And then, they were misuh-misuh for a long while." (hal. 46)

Ada beberapa alasan aku membeli buku ini. Alasan pertama: aku kenal salah satu penulis buku ini, walaupun baru kenalan beberapa waktu lalu. Terus kita jadi dekat tapi gak sampai menjalin hubungan khusus. Masalahnya, penulisnya sejenis denganku. Dan awalnya aku minta buku ini langsung dari penulisnya, sampe bikin kode via twitter juga. Tapi si penulis tidak peka. Jadi aku beli buku ini.

Alasan kedua: blurb tentang LDR yang sepertinya sering terjadi pada mereka yang sedang pacaran. Yang jomblo sih gak perlu tau apa itu LDR. Aku pernah gak jomblo, serius deh. Aku pernah mengalaminya sendiri dan tidak berakhir bahagia. Nyatanya, kenyataan berbeda dengan pernyataan kan? Jadi aku beli buku ini.

Alasan ketiga: hari minggu lalu ada promo potongan harga dalam rangka HUT salah satu koran harian. Tentu saja, sebagai buruh pabrik yang gajinya hanya cukup beli makan dengan lauk ayam bakar tiga kali sehari dan sebagai manusia yang tak pernah merasa cukup, aku mengambil kesempatan emas ini. Jadi aku beli buku ini.

26 Juni 2015

Januari: Flashback

Sampul
Penerbit : Grasindo
Tahun : 2015
Dibaca : 24 Juni 2015
Rating : ★★★

"Aku tidak mau lagi sendirian. Aku tidak mau lagi merasakan penolakan. Aku butuh seseorang. Aku butuh kamu, Gara." (hal. 125)

Aku mendapatkan buku ini ketika perayaan ulang tahun BBI yang ke-4 di Blok M. Salah satu penulisnya, Mput alias Petronela Putri, adalah member BBI dan dia menjadi koordinator sekaligus pembicara pada acara tersebut. Aku senang pada akhirnya Mput memberiku salah satu karyanya. Dia berpesan padaku untuk menebak sudut pandang siapa yang dia tulis. Sedikit ragu, karena aku belum pernah membaca karyanya yang lain sebelum ini. Tapi akan kucoba tebak.

***

Malam tahun baru pada Januari 1980 terjadi kecelakaan maut yang menewaskan sepasang suami-istri. Pasangan yang menggunakan motor itu tertabrak sebuah mobil yang untungnya—celakanya—empat orang di dalamnya tidak meregang nyawa. Empat orang yang pada malam itu sedang dalam jalan pulang setelah merayakan malam pergantian tahun. Empat orang sahabat karib.

Pada malam tahun baru meriah berpuluh-puluh tahun kemudian terjadi sebuah tragedi hebat. Satu dari empat sahabat itu meninggal secara tragis. Arumi, Era, dan Alana kemudian mendapatkan teror tak jelas. Tanpa disadari, tragedi masa silam kembali kepada mereka berempat; mengharuskan mereka bertigagenerasi selanjutnyamelakukan kilas balik dengan satu pertanyaan besar: apa yang sebenarnya terjadi pada 1 Januari 1980?

21 Juni 2015

Kata Kota Kita

Sampul
Judul : Kata Kota Kita
Pengarang : 17 Penulis Gramedia Writing Project Batch 1
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2015
Dibaca : 21 Juni 2015
Rating : ★★★

Buku ini adalah hadiah giveaway yang diselenggarakan oleh salah satu penulis cerpennya, Utha alias Tsaki Daruchi. Sebenarnya sudah sejak Maret buku ini berada di rumah, tapi karena banyak timbunan lain yang lebih memikat, aku baru bisa menyelesaikannya sekarang.

Merupakan kumpulan cerpen 17 penulis Gramedia Writing Project (GWP) yang diselenggarakan oleh penerbit tersebut untuk mencari bakat-bakat menulis terpendam dari seluruh penulis di Indonesia. Kurang lebih seperti itu. Buku ini menonjolkan setting tempat sebagai tema utama. Seberapa menarikkah buku ini? Berikut ulasan singkat dari setiap cerpen di buku ini. Ada 17 lho!

***

Ora - Ayu Rianna
(2/5)

Cerpen pertama. Aku bertanya-tanya kenapa cerpen ini ditaruh paling pertama. Setelah kutelisik, ternyata cerpen diurutkan sesuai abjad penulisnya. Latar Ora masih belum terasa untuk kumpulan cerpen yang katanya menonjolkan latar kota. Cerita romensnya sebatas cowok yang terlalu mendesak cewek masa lalunya yang sudah menikah untuk kembali ke Jakarta. Move on dong, Mas.

20 Juni 2015

Wedding Rush

Sampul
Judul : Wedding Rush
Pengarang : Jenny Thalia Faurine
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun : 2015
Dibaca : 20 Juni 2015
Rating : ★★

"Tidak semua orang turut berbahagia atas pernikahanmu. Dan maaf, aku adalah salah satu di antara orang-orang itu. Atau mungkin justru akulah satu-satunya." (hal. 264)

Ini pertama kalinya aku membuat ulasan dari buku yang tidak kuselesaikan. Begini, aku sebenarnya sangat ingin menyelesaikan buku ini. Tetapi setiap kali membuka buku dan membaca beberapa paragraf, aku merasa tidak nyaman membacanya. Bukankah membaca adalah kegiatan mengisi waktu luang yang berarti kita harus merasa rileks dan nyaman ketika membaca?

***

Empat sahabat. Dua pria dua wanita. Mereka berada dalam keadaan di mana terdapat cinta segi-empat di antara mereka dan sepasang dari mereka sudah menikah. Rajata dan Resita-lah yang sudah menikah. Padma dan Daka nama dua yang lain. Padma meninggalkan Indonesia dengan alasan sebenarnya tidak menyetujui pernikahan Rajata dan Resita. Bagaimana bisa setuju jika pria yang dicintainya itu menikah dengan orang lain: apa lagi sahabatnya sendiri?

15 Juni 2015

Charlie and the Chocolate Factory

Sampul
Judul : Charlie dan Pabrik Cokelat Ajaib
Judul Asli : Charlie and the Chocolate Factory (Charlie Bucket, #1)
Pengarang : Roald Dahl
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2010
Dibaca : 15 Juni 2015
Rating : ★★★★

"Jadi tolong, oh tolonglah, kami meminta, kami berdoa, pesawat televisimu buang saja, dan sebagai gantinya kau bisa memasang sebuah rak buku indah yang panjang, lalu penuhi raknya dengan banyak buku," (hal. 183)

Buku ketujuh penulis yang kubaca. Enam buku sebelumnya sudah kubaca dengan urutan dari yang tertipis dalam boxset Roald Dahl yang kubeli Maret lalu. Senang rasanya berkenalan dengan karya-karya Roald Dahl yang merupakan penulis anak-anak paling terkenal. Filmnya yang diadaptasi dari buku ini dibuat dua kali pada 1971 dan 2005.

***

Charlie Bucket terlahir dari keluarga yang sangat sederhana. Dia tinggal bersama kedua orangtuanya, kakek dan nenek dari ibunya, dan kakek dan nenek dari ayahnya. Hanya ada dua ruangan di rumah Mr. Bucket: ruangan berkasur untuk tidur keempat kakek-nenek Charlie dan ruangan tak berkasur untuk tidak Charlie dan ayah-ibunya.

13 Juni 2015

Matinya Burung-Burung

Sampul
Penyusun : Ronny Agustinus
Penerbit : Moka Media
Tahun : 2015
Dibaca : 10 Juni 2015
Rating : ★★★

Seperti yang tertulis di sampul, buku ini berisi kumpulan cerita sangat pendek dari Amerika Latin. Bila kalian lebih jeli, di atas aku menulis "penyusun" bukan "pengarang" seperti ulasan-ulasan sebelumnya. Ronny Agustinus adalah penyusun sekaligus penerjemah buku lebih dari 30 penulis ini.

Aku tertarik dengan buku ini karena cerpen yang ditaruh di awal: "Simulakra", diterjemahkan dari "Simulacros" karya Edmundo Paz Soldán asal Bolivia. Bercerita tentang seorang bocah pandai berbohong sedari kecil. Ia tetap melakukannya hingga hal yang sangat krusial terjadi dan ia tetap berbohong.

***

Penyusun benar-benar pandai dalam menyusun cerita-cerita pendek dalam buku ini. Awalan yang menggugah dengan cerpen "Simulakra" karya Edmundo Paz Soldán dan diakhiri cerpen "Bau Mayat" yang diterjemahkan dari "Del hedor de los cadáveres" karya Sergio Ramírez asal Nikaragua. Bau mayat-nya pasti akan terngiang-ngiang di benak pembaca seusai membaca.

The Kite Runner Graphic Novel

Sampul
Pengarang : Khaled Hosseini
Penerbit : Second Wind Comics
Tahun : 2013
Dibaca : 10 Juni 2015
Rating : ★★★

Sudah beberapa novel grafis yang kubaca dan kuulas bersama Bibli. Sebut saja: Coraline, Senyum, dan buku-buku om Brian Selznick. Walaupun biasa saja membacanya karena bayangan ketika membaca dibatasi oleh gambar-gambar, novel grafis akan kubaca bila ada kesempatan. Salah satu alasannya, bila novel grafis tersebut diadaptasi dari sebuah novel tebal, kau akan tahu esensi ceritanya. Seperti buku ini.

Jujur, aku baru membaca A Thousand Splendid Suns untuk karya om Hosseini. Tapi aku sudah membeli buku-bukunya yang diterjemahkan: The Kite Runner dan And the Mountains Echoed. Sayangnya aku masih menimbun keduanya, padahal sudah beli sejak lama. Dan ketika aku mendapatkan buku ini karena giveaway "Ayah" (baca di sini) aku langsung membacanya.

***

Cerita bermula ketika seorang pria bernama Amir mendapat telepon dari Pakistan. Pada saat itulah cerita bergulir ke masa lalunya yang indah. Bersama Hassan, sahabat karibnya, Amir selalu bermain layang-layang, apalagi bila ada turnamen. Selain itu, Amir yang suka menulis selalu menceritakan tulisannya kepada Hassan terlebih dahulu. Tentu saja Hassan terkesan.

08 Juni 2015

[Announcement] Pemenang Giveaway "The Bastard Legacy"


Akhirnya tiba untuk mengumumkan pemenang paket satu buku The Bastard Legacy dari Penerbit Visimedia Pustaka. Setelah memilah-milah jawaban yang bersarang pada komentar postingan blog, aku memutuskan jawaban yang paling menarik adalah:

07 Juni 2015

How to Live Forever?

Sampul
Pengarang : Natalie Babbitt
Penerbit : Atria
Tahun : 2010
Dibaca : 6 Juni 2015
Rating : ★★★★

"Itu berjalan terus, sampai ke lautan. Tetapi perahu ini, sekarang dia tertahan. Kalau kita tidak turun, ia akan berada di sini selamanya, berusaha untuk membebaskan diri, tapi tertahan. Dan begitulah kami, keluarga Tuck, Winnie." —Tuck (hal. 78-79)

'Bagaimana jika kau bisa hidup selamanya?' Aku akan melakukan kejahatan, kejailan, kenakalan dulu sebelum melakukan kebaikan. Aku ingin tahu seberapa puas melakukan hal-hal semacam itu; mencuri, berbuat onar. Tapi pertanyaan tersebut menggunakan unsur pengandaian kan? Jadi imajinasikan sajalah apa yang akan kau lakukan.

***

Winnie Foster masih 10 tahun ketika melihat seorang remaja 17 tahun minum dari sumber mata air keruh yang terletak di hutan milik keluarga Foster. Laki-laki berwajah tampan itu bernama Jesse Tuck, anak keluarga Tuck yang memiliki rahasia tentang hidup mereka beserta mata air keruh itu. Hanya Winnie, orang luar pertama, yang akan segera tahu rahasia apa yang keluarga Tuck miliki.

Mereka hidup selamanya! Ya, keluarga Tuck hidup selamanya. Dari sang ayah, ibu, hingga dua anaknya. Mereka tidak tahu apa mereka pantas mendapatkannya; apa hal itu sebuah anugerah atau kutukan. Ketika mereka menceritakan rahasia kepada Winnie, seorang pria berbaju kuning menguping semua rahasia itu.

06 Juni 2015

By the Time You Read This, I'll Be Dead

Sampul
Pengarang : Julie Anne Peters
Penerbit : Noura Books
Tahun : 2015
Dibaca : 3 Juni 2015
Rating : ★★★★

"Aku berharap, aku dapat memberi tahu orangtuaku, 'Jika kau ingin menolongku, tolong aku untuk mati.'" (hal. 106)

Satu hal yang menjadikan ini buku yang harus kubaca adalah masa kecilku yang selalu diolok-olok. Ban*i, ben*ong, bol*r, merupakan daftar julukan teratas yang mereka lontarkan padaku. Apalagi sewaktu Sekolah Dasar, aku selalu berpindah-pindah sekolah yang membuatku semakin tak suka bersosialisasi.

***

Gadis berumur 16 tahun itu bernama Daelyn. Dialah yang ingin bunuh diri karena sudah muak hidup. Dia diolok-olok karena gemuk hingga suatu hari ibunya, Kim, membawanya ke kamp orang gemuk untuk menurunkan berat badannya. Bukannya turun berkilo-kilo, Dealyn malah turun daya hidupnya karena kekejaman yang ada di sana.

05 Juni 2015

Indonesia by Peter van Dongen

Sampul
Pengarang : Peter van Dongen
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2014
Dibaca : 30 Mei 2015
Rating : ★★★

"Makassar, mutiara dari timur, katanya. Dan memang benar. Tidak kotor seperti Batavia. Indah, menawan hati, apa saja bisa dibeli." (hal. 105)

Kalian harus tahu kalau buku ini begitu lebar dan panjang. Aku sampai susah memegangnya ketika membaca. Tapi karena bukunya hanya 150-an halaman dan adalah novel grafis, tidak perlu lama-lama menahan beban buku yang juga berat ini, akhirnya.

Sebenarnya aku tidak ada niatan dari awal membaca buku ini. Akhir tahun lalu, kalau tidak salah, ketika buku ini terbit, aku berpikir bahwa buku ini dikhususkan bagi sejarawan yang sangat ingin melihat Indonesia dari mata penulis luar negeri atau nasionalis yang sangat ingin mengulik seberapa orang luar negeri tahu tentang Indonesia.

01 Juni 2015

The Bastard Legacy Blog Tour + Giveaway


Bibli kembali mengadakan blog tour dan giveaway! Kali ini bekerja sama dengan Penerbit Visimedia Pustaka bersama buku barunya yang berjudul "The Bastard Legacy" karya penulis horor lokal kenamaan, Jounatan. Langsung saja Bibli kasih ulasan singkatnya tentang buku non-fiksi ini.

Back to Top