30 April 2015

Panduan Lengkap Mudah Memahami Hukum Waris Islam

Pengarang : Ahmad Bisyri Syakur
Penerbit : VisiMedia Pustaka
Tahun : 2015
Dibaca : 28 April 2015
Rating : ★★★★

"Tidak benar jika ada seseorang yang mengatakan bahwa utang seseorang juga dibagikan dan ditanggung oleh ahli warisnya." (hal. 39)

Entah kapan terakhir kali aku membaca buku non-fiksi yang notabene mengandung lebih banyak informasi dan wawasan ketimbang buku fiksi. Mungkin modul mata kuliah yang terakhir, itu pun kalau bisa dimasukkan dalam kategori non-fiksi. Jadi, aku memberanikan diri untuk ikut undian buntelan BBI di grup Facebook. Selain keberanian, buku ini juga sedang sangat kubutuhkan.

***

Diawali sebagian besar masyarakat muslim yang berpendapat ilmu waris itu sulit, penulis membantahnya dengan buku ini. Penulis menilai bahwa mempelajari ilmu waris adalah mudah. Buku ini berisi tentang definisi ilmu waris hingga pertanyaan-pertanyaan seputar waris yang biasanya salah kaprah karena tidak sesuai dengan hukum waris Islam.

28 April 2015

Girl of Nightmares

Pengarang : Kendare Blake
Penerbit : Mizan Fantasi (Noura Books)
Tahun : 2014
Dibaca : 27 April 2015
Rating : ★★★

Aku tercenung di halaman-halaman awal. Aku tidak begitu menikmati seri sebelumnya karena suntingan yang tidak mulus, akhirnya aku bisa mengikuti buku kedua ini. Jadi, aku optimis menyelesaikan buku yang semoga saja benar-benar pamungkas ini. Ceritanya lebih terarah; tujuan yang diinginkan Cas tampak jelas.

***

Setelah kejadian enam bulan lalu yang membuat Anna menghilang, Cas kembali terngiang-ngiang citra Anna. Dia selalu ada dalam mimpinya, dalam lamunannya. Dia akan menikmati bila hal-hal itu menyenangkan, tetapi mimpinya selalu buruk. Segala pikiran tentang Anna adalah gadis yang menjerit kesakitan, seperti dia tidak berada sesuai tempatnya.

Tentu saja hal itu membuat Cas gentar. Bersama Thomas dan Carmel, sahabatnya sejak pindah ke Thunder Bay, Thomas mencoba segala cara untuk mencari jawaban tentang Anna. Hingga pertanyaan itu terjawab, Cas lagi-lagi dibawa ke situasi genting ketika nyawanya adalah harga yang harus dibayar.

26 April 2015

Perayaan dari Kami untuk Bebi!


25 April 2015 kemarin adalah hari bersejarah untuk BBI, terutama mereka yang datang ke acara "From Bloggers To Writers". Perayaan ulang tahun yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba.

Diprakarsai timbulnya ide dari beberapa member bersama koordinator umum, Bang Helvry, berkumpul pada akhir Februari lalu, akhirnya kami bertekad untuk membuat acara perayaan ulang tahun BBI dengan konsep dari member untuk member. Setelah Petronela Putri (Mput) ditunjuk sebagai koordinator acara, kami bergerak cepat untuk membuat acara ini terselenggara.

23 April 2015

Foiled

Sampul
Judul : Foiled (Foiled #1)
Pengarang : Jane Yolen
Penerbit : Sahabat Ufuk
Tahun : 2012
Dibaca : 22 April 2015
Rating : ★★★

Satu hal yang membuatku tertarik dengan ini adalah sampulnya yang glossy dan bukunya yang tipis, tidak sampai 200 halaman. Setelah dibuka per halaman, ternyata buku ini novel grafis. Yah, aku tidak bilang komik karena ini tidak perlu berseri-seri untuk menuju akhir cerita. Untuk lebih jelasnya tentang perbedaan novel grafis dan komik, kalian bisa kunjungi tautan ini.

***

Aliera Carstairs, gadis buta kelas sepuluh yang sekolah pada sebuah SMA paling kecil di kotanya. Dia mahir anggar, bahkan pada suatu pertandingan mengalahkan lawan yang berumur di atasnya. Dan dia memiliki pedang baru yang dibelikan ibunya seharga dua Dollar di loakan. Bukan, bukan, bukan pedang, tapi "senjata".

Senjata berbeda dengan pedang. Senjata tidak digunakan untuk menyakiti dan membunuh lawan. Senjata hanya untuk mengalahkan. Aliera akan marah bila ada yang menyebut senjata sebagai pedang. Dan salah satu yang kena amarah Aliera adalah Avery Castle, anak baru yang menjadi pasangan labnya.

Connwaer's Completion

Sampul
Judul : Sihir dalam Bahaya
Judul Asli : The Magic Thief: Found (Magic Thief, #3)
Pengarang : Sarah Prineas
Penerbit : BIP (Bhuana Ilmu Populer)
Tahun : 2010
Dibaca : 22 April 2015
Rating : ★★★★★

Akhirnya aku tak risau menikmati buku ini, seri ketiga yang bisa disebut pamungkas. Awalnya, aku merasa waswas dengan buku ketiga ini; waswas karena mungkin ceritanya menggantung dan harus membaca dua buku selanjutnya yang tidak diterjemahkan penerbit. Tapi seorang teman mengatakan bahwa dua buku selanjutnya itu hanya side-story setelah apa yang dilakukan Conn pada buku ketiga. Jadi, kalian bisa membaca hanya sampai buku ini saja.

***

Conn masih di Wellmet, tetapi Wellmet yang semakin kelam dan ringkih. Predator segera datang untuk menghancurkan Wellmet dan seluruh penduduknya. Bersama Nevery, Conn mempersiapkan segalanya untuk melawan predator itu. Tetapi dewan sihir dan pihak kerajaan justru mempersulit. Mereka tidak percaya bahwa predator akan benar-benar datang.

18 April 2015

To All the Boys I've Loved Before Blog Tour + Giveaway


18 April. Selamat akhir pekan! Sebelumnya aku menawarkan diri untuk menjadi reviewer Penerbit Spring karena ingin coba memperluas jenis bacaanku. Yah, kuakui juga untuk mencari pengalaman tentang kisah-kisah romance remaja. Bila sebelumnya sukses dengan Fangirl, kali ini akan coba dengan TATBILB, aku singkat saja judulnya ya.

Kali ini postinganku berisi ulasan buku serta giveaway yang bekerja sama dengan Penerbit Spring. Mari kita cari tahu!

17 April 2015

[Wrap Up] Around the Genres in 30 Days: Science Fiction - Fantasy Genre


Acara Around the Genres in 30 Days dalam rangka Ulang Tahun BBI telah usai. Beberapa hal yang sudah kulakukan bersama Faksi SFF antara lain: memberikan pengalaman mengetahui berbagai macam subgenre fiksi ilmiah dan fantasi, menyelenggarakan giveaway untuk memeriahkan acara, membuat ulasan dan opini mengenai buku-buku bergenre fantasi.

Aku semakin mendalami genre favoritku ini dan mungkin akan memulai membaca Harry Potter karya J.K. Rowling yang sudah di tangan—berkat teman yang meminjamkan buku hardcover-nya yang masih terbungkus rapi. Semua berkat teman-teman faksi SFF yang sudah sama-sama berkomitmen agar acara terselenggara baik dan lancar.

Pay It Forward

Sampul
Judul : Pay It Forward
Pengarang : Emma Grace
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2015
Dibaca : 16 April 2015
Rating : ★★★

Sore itu aku menerima paket yang diantarkan kurir berisi buku ini, dan pada hari itu juga aku menyelesaikan buku ini. Memang aku kangen melahap buku karena beberapa hari terakhir berkutat dengan beberapa buku yang tidak selesai dibaca. Selain itu, aku tergoda oleh logo di pojok kiri atas yang tertulis "Young Adult". Apa sih isinya?

***

Diceritakan Gitta dan Tedjas tidak pernah aku selama tiga tahun. Masing-masing memiliki pandangan buruk satu sama lain. Gitta menganggap Tedjas seorang yang angkuh dan tak tanggung jawab, mengingat apa yang Tedjas lakukan pada masa orientasi di awal kuliah. Tedjas pun berpikiran Gitta terlalu kaku dan sombong.

15 April 2015

[Announcement] Pemenang Giveaway Faksi Science Fiction - Fantasy


Acara Around the Genres in 30 Days dalam rangka Ulang Tahun BBI sudah ada di penghujung. Waktunya untuk pengumuman pemenang Giveaway Hop Faksi SFF dan Giveaway Individu yang sudah diselenggarakan selama hampir dua minggu.

14 April 2015

A Monster Calls

Sampul
Judul : A Monster Calls
Pengarang : Patrick Ness
Penerbit : Candlewick Press
Tahun : 2013
Dibaca : 12 April 2015
Rating : ★★★★★

Beberapa waktu lalu entah dapat wangsit dari mana, aku mendeklarasikan diri untuk berlatih membaca buku berbahasa Inggris. Yap, itu melanggar janji tersiratku yang menyatakan bahwa aku tidak akan pernah membaca buku Bahasa Inggris. Janji itu bukan karena aku tidak bisa, lebih pada supaya aku memahami isi cerita.

Aku mulai dengan membaca The Giving Tree yang menurutku bahasanya sederhana dan bergambar. Lalu aku lanjutkan membaca Judy Moody dan meminjam buku ini. Yah, walaupun aku mulai dengan buku anak-anak tapi tidak seburuk itu membaca buku Bahasa Inggris.

***
"There is not always a good guy. Nor is there always a bad one. Most people are somewhere in between." (p. 64)

13 April 2015

Karena Aku Sayang Kamu, Bebi


Haruskah aku mulai dengan kata-kata? Baiklah. Untuk memeriahkan ulang tahun BBI dan Bebi-ku tercinta, aku (baca: member BBI) dimohon untuk posting bareng tentang perubahan yang dicapai setelah bergabung dengan BBI. Aku akan bercerita lebih ke pengalaman. Bukankah pengalaman adalah awal perubahan? Merdeka!

Aku bergabung bersama BBI sejak Mei tahun lalu. Yap, belum satu tahun, belum lama. Tapi banyak pengalaman berharga yang terjadi semenjak itu. Kalian tahu, BBI seperti komunitas eksekutif. Bagaimana tidak? Semua membernya punya hak-hak istimewa seperti diundang untuk mengikuti acara-acara yang berhubungan dengan buku, mendapat buntelan dari penerbit, dan lain-lain.

Setelah bergabung beberapa bulan, pertengahan September, aku mewakili BBI untuk memenuhi undangan acara "Mizan Digital Initiatives". Saat itu benar-benar berkesan, tentu saja. Selain bertemu dengan petinggi-petinggi Mizan, aku baru pertama kali itu duduk di kursi bermeja bundar, seperti meja-meja bundar di Indonesia Lawyers Club itu. Kalian pasti tahu.

12 April 2015

Where the Mountain Meets the Moon

Sampul
Judul : Tempat Gunung Berjumpa Rembulan
Judul Asli : Where the Mountain Meets the Moon
Pengarang : Grace Lin
Penerbit : Atria
Tahun : 2010
Dibaca : 11 April 2015
Rating : ★★★★★

"Ma betul. Miskin sekali kami. Setiap hari, Ba dan Ma bekerja dan terus bekerja, dan kami tetap tidak punya apa-apa. Seandainya aku bisa mengubah peruntungan kami." (hal. 11)

Aku menemukan satu lagi buku favorit yang kumasukkan ke rak tidak-akan-ke-mana-mana, karena suatu saat aku berharap dapat membacanya kembali. Buku yang membuatku berpikir, merenung lebih tepat, tentang kebahagiaan yang sesungguhnya, dan tentang yang lainnya.

***

Cerita bermula di suatu desa di kaki Gunung Nirbuah yang tandus dan gersang. Minli tinggal bersama kedua orangtuanya nan sederhana di sebuah gubuk reyot di desa tersebut. Mereka bekerja keras menanam padi yang hanya cukup untuk dimakan oleh mereka. Dongeng-dongeng selalu dituturkan ayahnya kepada Minli setiap malam, dan kisah Hakim Harimau hingga Kakek Rembulan.

10 April 2015

Seekor Bebek yang Mati di Pinggir Kali

Pengarang : Puthut EA
Penerbit : INSISTPress
Tahun : 2009
Dibaca : 7 April 2015
Rating : ★★★★

Aku belum pernah mendengar nama Puthut EA sampai beberapa waktu lalu seorang teman memaksaku untuk coba membaca bukunya. Aku datang ke rumahnya dan aku dipinjami buku ini. Terang saja, waktu itu aku tidak janji mengabulkan permohonannya, sampai aku membuka halaman pertama.

Buku ini berisi lima belas cerita pendek penulis yang sebagian besar sudah pernah dimuat di media massa seperti Kompas dan Media Indonesia. Lima cerita pendek pertama belum pernah dipublikasikan. Aku mengulas setiap cerpennya singkat.

***

Seekor Bebek yang Mati di Pinggir Kali (belum dipublikasi sebelumnya)
Bercerita tentang dua pria yang sudah lama kenal dan sedang mengobrolkan masa lalu. Ketika salah satu dari mereka memiliki pengalaman yang membuatnya tidak mau lagi makan makanan dari bebek, bahkan peristiwa itu membawanya ke nasib buruknya.

08 April 2015

The Colossus Rises

Sampul
Judul : Kebangkitan Kolosus
Judul Asli : The Colossus Rises (Seven Wonders, #1)
Pengarang : Peter Lerangis
Penerbit : Metamind (Tiga Serangkai)
Tahun : 2014
Dibaca : 6 April 2015
Rating : ★★

Seperti yang kubilang, usai membaca ini aku merasa sedih; tentunya sedih yang beralasan. Sedih karena membacanya seperti dikejar-kejar vromaski yang bahkan penggambaran entitas itu tidak terdeskripsikan dengan baik. Sedih karena terjemahannya yang amat kacrut dan membuatku mencacat di notes tentang kekacrutannya.

Dan yang paling membuatku sedih adalah dari semua genre fantasi yang kuelu-elukan, baru buku ini yang mendapat rating terendah; karena mencoba menyukai buku ini, bahkan sampai halaman terakhir, tapi tetap tidak bisa.

06 April 2015

What's Up in These Book Categories?



Awalnya aku berniat untuk menyatukan dua buku untuk diulas hanya karena sama-sama bergambar. Sekalian saja aku menjelaskan tentang buku dengan gambar. Aku sempat melempar pertanyaan ke group chat tentang perbedaan illustrated book dan graphic novel. Tapi lebih lanjut ada lagi istilah comic book dan picture book. Apakah mereka saling berhubungan?

Menurut salah seorang teman, illustrated book (kita singkat IB) adalah bagian lain dari novel yang sebelumnya sudah pernah terbit. Yang lain berpendapat IB tidak penuh gambar, hanya beberapa bagian saja, dan terdapat bagian dari cerita dalam bentuk paragraf. Ada pula yang berpendapat IB adalah buku yang hanya diberi ilustrasi sebagai pelengkap.

05 April 2015

Legend

Pengarang : Marie Lu
Penerbit : Mizan Fantasi
Tahun : 2012
Dibaca : 1 April 2015
Rating : ★★★★

"Setiap hari berarti 24 jam yang baru. Setiap hari berarti segalanya kembali mungkin. Kau hidup pada saat ini, kau mengambil itu semua dalam satu hari, dalam satu waktu. Kau mencoba berjalan dalam cahaya." —Day (hal. 382)

Seperti bercanda aku baru membaca buku ini sekarang. Tidak, memang aku baru membaca ini. Pada 2012 lalu, aku masih ingat ketika penerbit akan merilisnya. Awalnya, aku menunggu-nunggu buku ini karena ulasan yang bikin penasaran; ditambah sampul US yang oke punya. Tapi setelah melihat sampul yang digunakan penerbit, minat baca buku ini langsung hilang.

03 April 2015

Rencana Besar

Sampul
Judul : Rencana Besar
Pengarang : Tsugaeda
Penerbit : Bentang Pustaka
Tahun : 2013
Dibaca : 29 Maret 2015
Rating : ★★★★

"Teman-temanku, katakan kepada 'kesabaran' kalian selama ini. Rangkul ia, usap-usaplah keningnya, tatap matanya. Lalu, katakan kepadanya, sekarang ini giliran ia untuk bersabar." —Amanda (hal. 337)

Setelah melalui ingar-bingar acara ulang tahun BBI, saatnya membayar utang ulasanku yang menumpuk. Ada tiga buku yang harus ku-posting, salah satunya adalah Rencana Besar yang merupakan novel thriller keren yang sayang jika dilewatkan.

Aku tahu buku ini sejak 2013 ketika ada talkshow bersama penulis pada IRF (Indonesia Reading Festival) saat itu, bersama dengan penulis novel Koin Terakhir. Sejak saat itu pula, aku mengincar buku ini. Akhirnya aku menemukannya setelah dua tahun menahan untuk membeli.

02 April 2015

[Opinion + Giveaway Hop] Enter The Magical Realm - Underrated Philip Pullman Book


Hai! Bibli kembali dan kali ini kita akan membahas buku yang underrated. Sebelumnya, Bibli akan menjelaskan tentang underrated. Menurut Bibli, sesuatu yang underrated adalah yang eksis tetapi tidak diketahui banyak orang. Bibli tidak akan bilang hal itu bagus, karena itu sangat relatif. Lebih lanjut soal apa itu underrated bisa dikulik di Blog Buku Haremi.

Bibli akan tetap menyebut underrated karena lebih simpel dan sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga daripada harus menyebut dalam Bahasa Indonesia yang lebih kurang berarti "di-bawah-rata-rata". Merepotkan kan? Jadi, jangan lagi bahas mana yang lebih tepat, karena sudah Bibli terangkan.

01 April 2015

[Opinion + Giveaway] Enter the Magical Realm: Dark Fantasy

April tiba dan tepat pada tanggal satu! Ketika sebagian orang bersiap-siap untuk menjahili keluarga, teman, dan kerabat mereka untuk merayakan April Mop; aku bingung tantangan apa yang akan kuberikan pada kalian untuk giveaway kali ini. Mungkin akan biasa saja atau tidak.

Terlepas dari kebingunganku itu, mari kita bahas Dark Fantasy. Aku (lagi-lagi) bingung untuk menyebutnya dalam Bahasa Indonesia. Fantasi Kelam? Fantasi Gelap? Fantasi Tidak Terang? Yah, daripada nanti kalian menginterpretasikan berbeda, lebih baik aku tetap menyebutnya Dark Fantasy. Lalu, apa itu Dark Fantasy? Pertanyaan yang lebih tepat: apa yang kuketahui tentang subgenre ini?

Back to Top