12 Januari 2015

[Event] Donate for Comments

Banner
Ada satu proyek yang membuatku sedikit tergugah. Adalah Personal Project 2015: Donate for Comments-nya mba Oky yang aku tidak berpikir dua kali buat ikutan. Aku tahun bahwa Bibli ini masih seumur jagung. Yah, tidak persis juga sih, soalnya umur tanam jagung hanya beberapa hari saja. Tapi memang masih sedikit yang mengunjungi.

Ketentuannya tidak begitu sulit. Apa saja?

[Reading Challenge] Young Adult Reading Challenge 2015

Banner
Aku tertarik mengikuti beragam Reading Challenge pada tahun 2015. Young Adult Reading Challenge 2015 ini adalah tantangan selanjutnya yang akan kucoba laksanakan. Banyak pertimbangan untuk mengikuti ini, terutama pertimbangan timbunan dan genre yang kubaca. Timbunan yang terus menerus meninggi bahkan hampir membuatku kalap sendiri. Genre yang memang tidak terlalu sulit karena memang banyak buku yang kubaca termasuk Young Adult.

Secara eksplisit, Young Adult termasuk genre yang didasarkan pada umur. Menurut Goodreads, Young Adult termasuk genre dengan range umur 13-21 tahun. Menurutku, Young Adult termasuk genre populer karena banyak yang menggemari. Bahkan beberapa orang dewasa pun menggemarinya. Salah satu faktornya adalah cerita yang memang mudah dipahami dan lebih bervariasi. Romance banyak, tetapi fantasy juga tidak sedikit, juga banyak genre-genre lain.

09 Januari 2015

The Gates

Sampul
Judul : Gerbang Neraka
Judul Asli : The Gates (Samuel Johnson vs. the Devil, #1)
Pengarang : John Connolly
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2011
Dibaca : 9 Januari 2015
Rating : ★★★★

Aku sangat antusias membaca ini mengingat pada buku penulis pertama yang kubaca, aku begitu terhanyut dalam cerita, bahkan menjadi favorit—baca: The Book of Lost Things. Aku teruskan membaca dan mulai merasakan hal berbeda; sentuhan ilmiah yang kental.

Aku tidak terlalu suka dengan fiksi-ilmiah. Jujur, karena harus berpikir keras untuk membayangkan deskripsinya. Tapi tidak dengan yang ini karena penulis memadukannya dengan fantasi yang mengimajinasi dan humor sarkastis. Aku ingin tahu apa itu lubang hitam (blackhole), lubang cacing (wormhole), dan CERN yang banyak disebut dalam buku ini.

01 Januari 2015

Wonderstruck

Sampul
Judul : Wonderstruck
Pengarang : Brian Selznick
Penerbit : Mizan Fantasi
Tahun : 2013
Dibaca : 31 Desember 2014
Rating : ★★★★★

“Kau tahu, Turtle, jangan takut-takut seperti kura-kura …. Coba julurkan lehermu …. Nyatakan pendapatmu, jadilah anak yang berani. … Jangan takut memandang mata orang ketika mereka bicara kepadamu, oke?” (hal. 30)

Seusai membaca Hugo, aku langsung ambil buku ini. Layaknya kecanduan rokok, karangan om Selznick ini menjadi candu bagiku yang menyukai sejarah dari cerita yang berbeda. Setelah membacanya aku langsung membuat permintaan agar segera ditejemahkan dan diterbitkan jika ada buku om Selznick yang baru. Sebenarnya beberapa bukunya juga sudah terbit sejak lama, tapi baru The Invention of Hugo Cabret dan Wonderstruck saja yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

Back to Top